Jalan Sehat Unik, Peserta Kenakan Pakaian Adat dan Perjuangan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Unik, lucu, penuh kegembiraan, mewarnai jalan sehat keluarga untuk umum di Kawasan Kupang Gunung Jaya, Surabaya, Minggu (20/8). Peserta, banyak yang mengenakan pakaian perjuangan dan adat. Mereka yang dianggap paling unik mendapat hadiah perlengkapan rumah tangga berupa wajan serta ember plastik. Kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Hadiah wajan itu nomor dua. Yang utama, saya senang karena melalui kegiatan ini, menjadikan rasa kebersamaan dan keguyuban masyarakat tetap terjaga,” kata ibu Isdhiyanto, yang terpilih sebagai peserta terunik satu.
Pada jalan sehat keluarga tadi, ia mengenakan kebaya seperti penjual bakul jamu gendong dan lengkap dengan wakulnya.

Peraih pakaian terunik lainnya, Mulyani, memperoleh hadiah ember plastik. Ia mengenakan busana khas Solo, Jawa.
Jalan sehat keluarga ini menempuh jarak dua kilometer. Sedangkan start dan finish di Balai RT 09 RW VII Kupang Gunung Jaya, Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Surabaya. Banyaknya peserta mengenakan pakaian perjuangan dan pakaian adat, menarik perhatian warga yang dilalui, karena keunikannya. Ada peserta memakai pakaian mirip bakul jamu gendong. Ia mengenakan jarit, lengkap dengan jamu gendongannya.

Ada yang memakai pakaian ala “Pak Sakera” Madura, busana adat Ponorogo, Cak Suroboyo serta pakaian perjuangan yang dikenakan para pejuang saat revolusi fisik dulu. Sebagian besar peserta mengenakan ikat kepala merah putih, sebagai simbul kebanggaan bangsa Indonesia. Sepanjang jalan, banyak di antara peserta memekikkan kata merdeka, kepada warga yang melewati jalan yang dilalui.

“Jalan sehat ini unik, penuh kegembiraan dan mirip karnaval,” kata Ketua RT 09 RW VII, Kupang Gunung Jaya, Surabaya.
Ketua RW VII, Sunar didampingi Ketua Pelaksana Jalan Sehat, Ismu Suroso, seusai melepas acara tersebut memberikan apresiasi tinggi. Jalan sehat ini layak terus dilaksanakan dengan menampilkan ragam pakaian adat budaya nasional lainnya. Lebih dari itu, kegiatan tersebut menjadi perekat persatuan dan kesatuan, khususnya di kawasan Kupang Gunung Jaya dan sekitarnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, yang akrab disapa Gus Ipul, memberikan hadiah utama berupa lemari es dan mesin cuci. Setelah kupon diundi, kedua perlengkapan rumah tangga tad, masing2 Yoyok dan Yuli, warga Pakis Sidokumpul Surabaya. .

Selain hadiah utama, panitia menyiapkan total 72 paket hadiah disesuaikan dengan HUT ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Hadian tersbut di antaranya, sepeda gunung, alat penanak nasi modern, penyimpan beras modern, blender, seterika listrik, kipas angin dan paket sembako. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *