Jambore Pokdarwis, Membangun Wisata Kawasan Pesisir Pantai Jember

  • Whatsapp
Jambore Pokdarwis di Pantai Pasangan Jember (beritalima.com/istimewa)
Jambore Pokdarwis di Pantai Pasangan Jember (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Jambore Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pesisir pantai selatan di Jember kini digelar.

Jambore Pokdarwis yang bertempat di Pantai Pasangan ini, bertajuk integrasi dan penguatan kompetensi Pokdarwis berbasis kearifan lokal dalam rangka membangun pariwisata di kawasan pesisir pantai.

Bacaan Lainnya

Ada puluhan anggota Pokdarwis yang berasal dari pesisir pantai di Jember yang mengikuti kegiatan Jambore, Sabtu pagi (18/3/2023).

Perlu diketahui, pesisir pantai selatan yang berada di Kabupaten Jember memiliki panjang sekitar 170 kilometer dan memiliki potensi yang luar biasa.

Untuk itu, perlunya kolaborasi dari pemerintah, Pokdarwis dan masyarakat sekitar untuk mengembangkan wisata. Bahkan juga, potensi wisata Jember juga tidak kalah dengan daerah lain.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, Harry Agustriono menjelaskan, Jambore Pokdarwis kali ini memfokuskan sejumlah pelatihan di wilayah pesisir.

“Kedepan, jambore juga digelar pada klaster lain,” paparnya. Misalnya, klaster pegunungan, hutan, hingga agrowisata.

Pada jambore perdana ini, ada sejumlah kegiatan menarik yang diharapkan bisa berguna, bagi pengembangan kualitas sumber daya manusia para pelaku wisata di Kabupaten Jember.

“Diantaranya, mulai edukasi dan diskusi kelompok tentang pariwisata berkelanjutan, hingga pembekalan teknologi digitalisasi sederhana melalui foto dan video,” ungkapnya. (Sug)

beritalima.com

Pos terkait