Jaring Bibit Unggul, Gala Siswa Indonesia di Gelar di Sumenep

  • Whatsapp
Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Sumenep

SUMENEP, beritalima.com| Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar seleksi Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Sumenep, selama 4 hari, terhitung sejak Selasa – Jumat, 3 – 6 Maret 2020 di Lapangan Sepak Bola Mitra Desa Kebunagung Kecamatan Kota Sumenep.

Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Sumenep

tahun ini Disdik punya cara sendiri dengan langsung ke setiap sekolah untuk menjaring bibit bibit unggul,” terang Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Carto, melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP, Edy Suprayitno, Jumat (6/3/2020).

Turun langsung ke setiap sekolah, lanjut Edy, merupakan terobosan Disdik ujung timur pulau Madura untuk benar benar selektif memilih pemain terbaik.

“Selama ini kita menyiapkan GSI dengan cara mengadakan kompetensi antar sekolah kemudian dicari yang terbaik, tapi ada beberapa sekolah yang gak ikut karena tidak cukup jumlah pemain, maka tahun 2020 ini kita rubah, kita sendiri yang sekarang turun langsung ke sekolah untuk menyeleksi pemain,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap dengan adanya seleksi kali ini para sekolah yang mempunyai keterbatasan pemain nantinya juga bisa ikut dalam laga tersebut.

“Kita ingin sekolah yang hanya memiliki satu dua pemain mempunyai kesempatan yang sama untuk ikut seleksi ini,” tegasnya.

Tujuan diselenggakannya seleksi GSI tersebut, kata Edy, dalam rangka mencari bibit unggul dibidang persepakbolaan khususnya di Kabupaten Sumenep untuk menghadapi tournament di tingkat Jawa Timur.

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka mengasah talenta siswa guna dipersiapkan dalam ajang turnamen sepakbola ditingkat Provinsi,” jelasnya.

Hasil dari seleksi tersebut akan diambil 18 pemain untuk mewakili tim GSI Kabupaten Sumenep, untuk berlaga di bulan Agustus mendatang di ajang turnamen sepak bola di tingkat Provinsi.

“Dalam seleksi ini kami akan ambil 18 pemain, dari 18 orang tersebut akan kami berikan pelatihan khusus agar saat pelaksanaan turnament bisa lebih maksimal,” tegasnya.

Edy menambahkan, Dengan kegiatan ini diharapkan siswa memiliki fisik yang kuat, perilaku yang baik, pola pikir yang cerdas dan berwawasan luas dalam membangun persepakbolaan berkarakter, menjadikan GSI sebagai sarana efektif untuk menunjukkan bakat dan minat menjadi pemain sepakbola di masa yang akan datang serta GSI bisa menjadi wadah untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas kompetisi sepakbola usia muda di Indonesia,” tegasnya.

“Mari bersama wujudkan impian mereka, kita asah dan dukung penuh setiap talenta yang dimiliki anak didik kita,” tukasnya.

(**An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait