Jatim Puspa, Jadi Target Mengurangi Kemiskinan di Bondowoso

  • Whatsapp
Kepala DPMD Bondowoso Haeriyah Yulianti mendampingi KPM saat penyerahan program Jatim Puspa. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bondowoso menyerahkan bantuan Jatim Puspa tahun 2022, di Desa Jebung Lor, Kecamatan Tlogosari, Selasa (13/9/2022).

Bantuan Jatim Puspa dari Pemerintah Provinsi Jatim ini diberikan kepada puluhan kepala rumah tangga perempuan dari desa Jebung Lor, desa Pecalongan, dan desa Brambang, Kecamatan Tlogosari.

Mereka mendapat bantuan Jatim Puspa berupa modal usaha sebesar Rp 2,5 juta. Namun, bantuan yang diberikan tidak dalam bentuk uang, melainkan peralatan dan bahan sebagaimana usaha yang dijalani penerima.

Menurut Kepala DPMD Bondowoso, Haeriyah Yuliati, mereka yang menerima bantuan ini adalah para keluarga penerima manfaat (KPM) graduasi PKH. Yakni, para penerima PKH yang sudah berakhir karena sudah tak masuk persyaratan. Seperti, sudah tak ada anaknya yang harus dibiayai sekolahnya.

“Graduasi PKH ini karena memang program itu sudah berakhir. Ada yang berakhir alamiah, karena sudah waktunya berakhir,” tuturnya.

Ia menegaskan bahwa bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini adalah salah satu upaya pengentasan kemiskinan. Dengan cara memberdayakan usaha perempuan.

Karena saat ini di Indonesia, khususnya Jawa Timur, terdapat kemiskinan ekstrem sebagai dampak pandemi Covid-19. Sehinga, terdapat masyarakat yang sebelumnya masuk kategori rentan miskin kini menjadi miskin.

“Yang dulunya rentan miskin, kini menjadi miskin. Karena pandemi Covid-19,” urainya.

Ia pun berpesan agar memanfaatkan bantuan ini secara bijak. Yakni, menggunakan bantuanya sesuai peruntukkan.

“Tak boleh dijual, yang dijual masaknya. Jadi yang usaha kue nanti yang dijual kuenya, bukan mixernya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jebung Lor, Daniel Andre Tanoko, mengaku bersyukur masyarakatnya bisa menerima bantuan ini. Karena, bisa turut mendorong lahirnya pelaku UMKM baru, dan meningkatkan pelaku UMKM yang sudah berjalan.

Dirinya berharap bantuan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun, ia berpesan agar bantuan ini dimanfaatkan dengan baik.

“Kami mohon juga untuk mempergunakan bantuan sebaik mungkin,” pungkasnya.

Sebelum itu, saat penyerahan bantuan Jatim Puspa di Desa Walidono pada 9 September 2022 lalu.

Kepala DPMD Bondowoso, Haeriyah Yuliati menerangkan, di Bumi Ki Ronggo total ada 222 penerima Jatim Puspa. Mereka tersebar di delapan desa di enam kecamatan. Semua penerima merupakan KPM graduasi PKH.

Untuk penentuan desanya diusulkan oleh DPMD Kabupaten. Tapi, KPM graduasi PKH nya tetap disinkronkan dengan data PKH.

Tentang pengawasan agar bantuan tak dijual, kata Haeriyah, pendamping Jatim Puspa dan Kades memiliki kewajiban untuk memonitoring dan evaluasi perkembangan dari bantuan ini.

Pantauan di lapangan, bantuan yang diterima beragam. Seperti tukang urut mendapatkan bantuan kasur, bantal, minyak oles, korden dan besinya, selimut, dan lainnya.

Ada juga penjual gorengan, mendapat kompor gas lengkap dengan gas melon dan regulatornya, termos, blender, minyak goreng, dan beras. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait