Jazuli Pastikan Rehabilitasi Pasca Tsunami Selat Sunda Dilakukan Pemerintah

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini kembali menyambangi wilayah terdampak tsunami di Provinsi Banten.

Kedatangan wakil rakyat dari Dapil III Provinsi Banten tersebut selain untuk menyerahkan bantuan hasil penggalangan dana anggota Fraksi PKS dari gaji Desember juga dimaksudkan untuk memastikan proses rehabilitasi berjalan lancar sehingga masyarakat setempat kembali bisa beraktivitas seperti sediakala.

Setelah sebelumnya ke wilayah Serang, Jazuli bersama relawan PKS ke wilayah terdampak tsunami di Labuan dan Tanjung Lesung.

“Awal pekan lalu, kami ke wilayah Serang. Sekarang kami mengunjungi wilayah terdampak yang cukup parah di Labuan dan Tanjung Lesung. Kami membantu bahan makanan, selimut dan kebutuhan sehari-hari,” kata Jazuli.

Bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak bencana itu didapat dari hasil pengumpulan dana Fraksi PKS DPR. “Saya pribadi menyumbangkan seluruh gaji Desember untuk membantu saudara-sadara kita di sini.”

Selain itu, kata Jazuli, Sabtu (5/1), sebagai wakil rakyat pihaknya ingin melihat langsung dan mendengar aspirasi korban terdampak terkait keseluruhan penanganan dan proses rehabilitasi pasca musibah yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemda dengan pihak terkait yang sudah membantu.

“Tadi kami dengar paparan di Posko Tanggap Bencana DPW PKS Banten tentang peta wilayah terdampak, lokasi pengungsian serta kebutuhan korban termasuk harapan warga terhadap proses rehabilitasi,” ungkap anggota Komisi I DPR RI ini.

Diantara keluhan dan kebutuhan mendesak warga Labuan, jelas Jazuli, adalah pembersihan material sampah dan bangkai kapal yang menutup sungai di sepanjang Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan.

Soalnya, keberadaan kapal itu menutup aliran sungai sehingga mengakibatkan terjadinya banjir akibat luapan sungai dan berhentinya aktivitas ekonomi di TPI Labuan.

“Saya dan relawan PKS langsung menemui warga di lokasi pelelangan. Di TPI kami bertemu dengan Kepala Dinas Perindustrian&Perdagangan Provinsi Banten, Babar Surharso.”

Bersama Babar, kata Jazuli, kami fasilitasi apa yang menjadi harapan warga. “Alhamdulillah, saat itu juga Pemprov Banten maupun Pemkab Pandeglang merespon upaya rehabilitasi dengan membersihan sampah di sungai dan bangkai kapal. Dengan begitu pasar pelelangan ikan dapat beraktivitassecara normal.”

Usai mengunjungi TPI, Jazuli bersama relawan ke wilayah terdampak bencana di Tanjung Lesung untuk menyerahkan bantuan dan berdialog dengan warga terdampak bencana, tepatnya di Kampung Tanjung Jaya, Desa Cikujang, Kecamatan Tanjung Lesung.

Mereka berharap bantuan dan kepastian untuk melanjutkan hidup di tengah kondisi rumah dan harta benda yang habis diterjang tsunami. ‘Kami berharap Pemda dapat merealisasikan bantuan jaminan hidup ini dan membangun kembali rumah warga terutama yang rusak total agar mereka dapat kembali menjalankan kehidupan,” demikian Jazuli Juwaini. (akhir)

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *