beritalima.com

Jelang Hari H, TNI dan Polri Dampingi Penertiban APK

  • Whatsapp

MALANG, beritalima.com | 3 hari jelang masa pencoblosan Pilkada di Kabupaten Malang, Panwascam Ngantang bersama Koramil, Polsek, PPK, PKD melakukan penertiban APK (alat peraga kampanye) yang tersebar di 13 desa se- Kecamatan Ngantang. senin, (6/12/2020)

Penertiban APK dilakukan dengan dari ujung utara Kecamatan Ngantang, tepatnya di Desa Kaumrejo, hingga selatan, yaitu Desa Sidodadi. Selama pencopotan atau penurunan APK, tidak ada komplain dari pihak manapun, dalam artian berlangsung kondusif.

Lantaran luasnya areal penyisiran, dibutuhkan waktu 5 jam lebih untuk menuntaskan penertiban dan pembersihan APK. Selain durasi yang cukup lama, laju kendaraan tidak terlalu cepat, agar bisa melihat jelas APK yang masih terpasang.

“Kita dari Koramil bersama Polsek mendampingi pihak Panwascam. Selama penertiban APK, secara keseluruhan aman. Tidak ada komplain dari pihak manapun, semua berjalan lancar,” jelas Serda Maulana dari Koramil Ngantang.

Polsek Ngantang mensupport penertiban APK tersebut dengan menurunkan satu unit kendaraan untuk mengangkut anggota Panwascam, PKK dan PKD.

beritalima.com

Sebagaimana dijelaskan Bripka Trias, keberadaan Polsek maupun Koramil hanya bersifat mendampingi anggota Panwascam, berdasarkan koordinasi KPUD dan Bawaslu Malang.

“KPUD Malang berkoordinasi dengan Bawaslu menertibkan dan membersihkan APK. Kita dari Panwascam melaksanakannya berdasarkan hal itu. Penertiban dan pembersihan dilakukan dengan menyisir sepanjang jalan,” kata Hari Krisdianto dari Panwascam Ngantang.

Puluhan APK dicopot atau diturunkan di sepanjang jalan yang dilewati, dan tak satupun lolos dari pengamatan. APK tersebut ada yang berukuran besar, ada yang kecil, dan pemasangannya didominasi di kanan kiri jalan.

Sementara itu, PPK Ngantang membenarkan adanya penertiban dan pembersihan APK di desa-desa se-Kecamatan Ngantang. Dalam pelaksanaannya, semua dilakukan sesuai prosedur.

“Ya benar, hari ini sudah dilakukan penertiban dan pembersihan APK yang ada di Kecamatan Ngantang. Semua dilakukan sesuai prosedur, dan tidak ada komplain sama sekali, semua berjalan lancar,” ungkap Agus Sudarmanto.

Menurut Samin, PKD Purworejo, selama pelaksanaan, diakui sedikit ada gangguan, yaitu hujan deras yang mengguyur sebagian desa. Hujan tersebut mengakibatkan genangan air di beberapa titik, dan membuat jalanan licin.

Kondisi geografi Kecamatan Ngantang yang sebagian besar perbukitan dan jalan naik turun, dibutuhkan kehati-hatian saat perjalanan. Kendati geografis cukup menantang, penertiban dan pembersihan APK berjalan lancar. (dodik)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait