Jelang Lebaran, Unair Berangkatkan 550 Mahasiswa Mudik Gratis

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Universitas Airlangga (Unair) kembali mengadakan program mudik gratis untuk sivitas akademika yang ingin pulang ke kampung halaman.

Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak memberangkatkan langsung sebanyak 550 mahasiswa mudik pada Jumat (5/4/2024) di Halaman Kantor Manajemen Kampus MERR-C.

Program mudik gratis Unair itu terlaksana atas kerja sama Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa), Direktorat Logistik, Keamanan, Ketertiban, dan Lingkungan (DLKKL), serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unair. Seluruh peserta mudik gratis itu juga mendapatkan bingkisan Lebaran dari Unair.

Dalam sambutannya, Prof Nasih berpesan pentingnya untuk menjaga kedisiplinan dalam mengatur waktu. Terutama ketika memanfaatkan kesempatan untuk mudik, pulang ke kampung halaman.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) tersebut mengingatkan mahasiswa agar kembali ke kampus tepat waktu sesuai jadwal. Kegiatan kuliah kembali dibuka pada Selasa (16/4/2024).

“Selamat berlebaran dan berbahagia di rumah bersama keluarga. Hati-hati di jalan. Ingat kembali tepat waktu sesuai dengan jadwal,” ujarnya.

Libatkan 7 Bus & 3 Minibus

Sementara itu, Menteri Pengabdian Masyarakat BEM 2023 Valen Mamelas menjelaskan mudik gratis kali ini menggunakan 7 bus dan 3 minibus jenis Hiace. Seluruh kendaraan itu disediakan oleh DLKKL Unair.

“Untuk tujuan, (rute, Red) total ada 13 rute perjalanan yang tersebar di kota-kota di Jawa Timur,” paparnya.

Ketiga belas rute terbagi atas tiga gelombang pemberangkatan. Tujuan kota pada gelombang pertama pada Jum’at (5/4/2024) adalah Banyuwangi, Jember, Trenggalek, Malang, Madiun, Kediri, dan Lamongan. Lalu, pada Sabtu (6/4/2024) kota tujuannya adalah Madiun, Bojonegoro, Ponorogo, dan Kertosono. Serta, pada Minggu (7/4/2024) akan mengarah ke Tulungagung dan Blitar.

“Awalnya, Direktur LKKL hanya menyediakan kuota 150 peserta dengan sistem eliminasi. Namun, melihat antusiasme yang tinggi dari mahasiswa, sistem tersebut diubah, sehingga kuota peserta naik menjadi 550 mahasiswa,” katanya.

Akhirnya Bisa Pulang

Rasa bahagia dan syukur diungkapkan salah seorang peserta mudik gratis Unair kali ini.
Mahasiswa dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) itu mengaku senang bisa kembali ke kampung halaman tanpa perlu khawatir berebut tiket dan tambahan biaya.

Ia berharap seluruh rombongan dapat kembali ke kampung halamannya masing-masing dengan aman dan selamat.

“Saya merasa terbantu. Kemarin, saya tidak mendapatkan tiket kereta ke Madiun. Beruntungnya, BEM Unair menyelenggarakan mudik gratis, sehingga saya masih bisa pulang sebelum Lebaran,” ungkapnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait