Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Bondowoso Launching ‘Jarimu Awasi Pemilu’

  • Whatsapp
Anggota Bawaslu Kabupaten Bondowoso Frikas Abdillah saat dikonfirmasi sejumlah wartawan. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Menjelang pemilihan umum tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bondowoso menggelar apel siaga pengawasan sekaligus launching Jarimu Awasi Pemilu.

Apel tersebut digelar di Halaman Hotel Ijen View, dengan diikuti oleh seluruh jajaran komisioner dan Panwascam berikut stafnya dari 23 kecamatan, Selasa (14/2/2023).

Fricas Abdillah, Komisioner Bawaslu mengatakan, satu tahun menuju Pemilu serentak 2024 bukanlah waktu yang lama. Tapi, dalam konteks persiapan Pemilu itu adalah waktu yang sangat sebentar.

Karena itulah, ia berpesan agar kepada seluruh jajarannya hingga tingkatan bawah agar mereka tetap berjaga secara profesional. Selain itu, juga harus meningkatkan semangat-semangat kepengawasan.

“Saya berharap teman-teman Panwascam serta PKD selalu siap,” katanya.

Saat ini sendiri, kata Fricas, tahapan Pemilu yang sedang berlangsung yakni COKLIT (pencocokan dan penelitian) yang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih). Melihat ini, hendaknya pengawas di tingkat desa dan kelurahan bisa mengawasi betul.

“Syukur-syukur bisa mendampingi proses-proses yang dilakukan oleh teman-teman KPU,” tuturnya.

Disinggung tentang pengawasan di media sosial, kata Fricas, pihaknya memang masih belum punya tim cyber untuk mengawasi Medsos.

Namun, mungkin ke depan pihaknya berharap bisa bersama-sama membangun sinergitas dengan pihak terkait. Karena, menurutnya media sosial juga menjadi bagian untuk diawasi dalam konteks Pemilu.

“Sehingga harapan kita kan, media sosial bisa membangun demokrasi kita,” pungkasnya.

Tampak usai pelaksanaan apel, seluruh Panwascam berikut staffnya mengikuti pendidikan pengawasan Pemilu.

Dalam kesempan itu, Bawaslu juga melaunching komunitas digital “Jarimu Awasi Pemilu”.

Yakni komunitas digital yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan edukasi seputar Pemilu, respon cepat terhadap beragam miss informasi seputar Pemilu, cek fakta konten Pemilu. Serta, tindak lanjut pengaduan masyarakat.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait