Jelang Pilkada Serentak, LaNyalla Apresiasi Kerja Bawaslu Jawa Timur dan Surabaya

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi kerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur dan Kota Surabaya yang dianggap profesional dan cukup baik dalam menjalankan tugas.

Apresiasi diberikan setelah LaNyalla melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor Bawaslu Jawa Timur dan Kota Surabaya, Selasa (8/12). “Saya melakukan tanya jawab dengan Panwas di sini. Saya menilai cukup profesional yang dilaksanakan, dan Insya Allah mereka akan berjalan sesuai dengan aturan,” kata LaNyalla seperti keterangan pers Biro Humas dan Pemberitaan DPD RI kepada awak media.

Pemantauan H-1 pencoblosan tersebut menurutnya penting dilakukan guna memastikan agar dalam pelaksanaan Pilkada serentak besok tak ada kendala, terlebih Jawa Timur adalah daerah pemilihan LaNyalla. “Dalam rangka pengawasan, ya semua di Jawa Timur lapor ke DPD. Kebetulan saya Dapilnya Jawa Timur, dan saya lakukan pengawasan ke Bawaslu Jawa Timur dan di sini (Kota Surabaya). Penilaian saya, pekerjaan mereka sudah profesional sesuai dengan peraturan yang ada,” terang dia.

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Jatim, Purnomo Satrio Pringgodigdo menyatakan sangat senang atas kunjungan yang dilakukan Ketua DPD RI. “Kami sangat senang bisa dihadiri Ketua DPD RI untuk melakukan monitoring langsung. Karena isu daerah menjadi fokus DPD RI,” ujar Purnomo.

Ia menginformasikan tentang penyelenggaraan pilkada di Jatim, termasuk titik-titik rawan dalam penyelenggaraan, misalkan tentang proses penanganan pelanggaran oleh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN). Dugaan pelanggaran yang masuk ke Bawaslu Jatim terjadi di 19 kabupaten kota yang melaksanakan Pilkada. Hingga akhir masa kampanye tercatat 568 dugaan, baik dari temuan maupun laporan yang masuk.

Setelah diproses, dari total dugaan pelanggaran tersebut, 451 masuk kategori pelanggaran dan 117 bukan pelanggaran. Beberapa pelanggaran diantaranya terkait etik, administratif dan pelanggaran yang dilakukan ASN dan Non ASN.

Apresiasi yang sama juga dikatakan Ketua Bawaslu Surabaya, M Agil Akbar atas kunjungan dan masukan Ketua DPD RI ke Kantor Bawaslu Surabaya. “Ini kan support dari stake holder dari Ketua DPD kepada Bawaslu Surabaya, kita sangat berterima kasih sama masukan-masukannya yang cukup berharga, kita akan tindak lanjuti,” demikian M Agil Akbar. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait