Jelang Ramadhan Harga Komoditas Pangan di OKU Melonjak

  • Whatsapp

OGAN KOMERING ULU, beritalima.com
Mendekati bulan suci Ramadhan atau bulan puasa sejumlah harga komoditas pangan mulai merangkak naik. Hal ini terjadi pada beberapa kebutuhan pangan seperti sayuran.

Pantauan beritalima.com dipasar baru Baturaja Timur Ogan Komering Ulu (OKU). Kenaikan harga komoditas pangan sudah sejak sepekan terakhir, melonjaknya komoditas pangan itu terjadi pada bawang merah yang semula harganya Rp.20.000 per kg. kini menjadi Rp.45.000 untuk bawang putih semula Rp.24.000 menjadi Rp.48.000 per kg.

Selain itu harga cabai rawit Rp.24.000 menjadi Rp.30.000 per kg. dan cabai merah Rp.24.000 menjadi Rp.50.000 per kg.

Sementara pada komoditi sayuran wortel, kentang, kol dan tomat ketiga sayuran itu mengalami kenaikan Rp.5.000 per kg dari harga semula Rp.7.000 menjadi Rp.12.000 per kg.

” Karena sudah mendekati bulan puasa memang begitu biasanya harga komoditas pangan pasti naik,” kata Amir seorang pedagang sayur dipasar Baru Baturaja Timur.

Lebih lanjut dia mengatakan, mendekati bulan puasa ini harga kebutuhan terutama sayuran dan bumbu dapur mengalami kenaikan sedangkan pasokan sayuran dan bumbu dapur dari petani berkurang, hal itu terjadi karena faktor cuaca yang membuat tanaman gagal panen.

Kenaikan beberapa komoditas pangan juga dikeluhkan para pembeli terutama ibu rumah tangga dan pedagang makanan, sebab dengan kenaikan harga tersebut membuat pengeluaran mereka bertambah.

” Pengeluaran jadi bertambah besar akibat naiknya harga komoditas pangan ini, tapi mau gimana lagi karena merupakan kebutuhan yang harus dibeli,” tutur Eni pemilik warung nasi padang.

Eni juga mengungkapkan masakan tidak bisa dikurangi bumbunya karena berpengaruh terhadap rasa walaupun harga komoditas pangan naik tapi makanan tidak ikut naik namun biaya yang dikeluarkan untuk belanja kebutuhan itu bertambah.

“Saya tidak bisa berbuat apa – apa dan berharap harga komoditas pangan itu bisa turun normal seperti biasa,” katanya.

(Ariyan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *