Jelang Rimpac 2018, ASOPS Dankomar Beri Arahan Prajuit Marinir

  • Whatsapp

Dispen Kormar (Surabaya). Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto memberikan pengarahan kepada prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral The Rim Of The Pacific (Rimpac) tahun 2018 di Indoor Sport Mako Armada II Ujung, Surabaya. Senin (28/05/2018).

Dalam arahannya Asops Dankormar menyampaikan bahwa tugas yang diberikan kepada prajurit Korps Marinir merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, sehingga Latihan Bersama Multilateral Rimpac 2018 dapat dijadikan pengalaman baru yang tidak semua prajurit bisa mengalaminya.

Disampaikan juga oleh Kolonel Marinir Y. Rusy Sulistyanto bahwa dalam Rimpac 2018, Korps Marinir mengirimkan prajuritnya lebih dari 200 personel dengan dua meriam Howitzer 105 mm dan 8 unit LVT-7.

“Ini merupakan jalan panjang hubungan bilateral antara Korps Marinir TNI AL dengan Marinir Amerika, sehingga Korps Marinir bisa mengirimkan dua ratus lebih prajurit untuk menimba ilmu atau berbagi pengalaman dengan Marinir dari negara lain yang mengikuti Rimpac 2018,” tegasnya.

Latihan Rimpac 2018 merupakan latihan pertama yang melibatkan senjata Artileri dan sebagainya, maka Korps Marinir berupaya mendapatkan masukan sebanyak-banyaknya mulai dari berangkat sampai dengan pelaksanaan latihan di Hawaii, sehingga masukan-masukan tersebut dapat dievaluasi untuk keberlangsungan latihan berikutnya.

Dalam kesempatan tersebut Asops Dankormar meyampaikan pesan Komandan Korps Marinir kepada seluruh prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Rimpac 2018 agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan selama melaksanakan latihan mulai dari saat keberangkatan hingga kembali selalu mendapatkan kelancaran tanpa adanya kerugian pers dan material, mengisi kegiatan positif selama pelayaran (lintas laut), mengambil nilai-nilai penting dari setiap kegiatan latihan yang bisa ditiru dan diaplikasikan untuk kemajuan Korps Marinir dan yang tidak kalah pentingnya yaitu membuktikan kepada dunia terutama kepada negara-negara di sekitar Asia Pasifik bahwa Indonesia adalah negara besar dan prajuritnya mampu bersaing dalam kancah internasional.

“Jadikan latihan ini sebagai sejarah Korps Marinir dengan mengirimkan lebih dari dua ratus prajurit, selamat bertugas, jaga nama baik Korps Marinir TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara,” pungkasnya.

Usai memberikan pengarahan kepada prajurit, Asops Dankormar didampingi Paban Opslat Sops Pasmar-2 Letkol Mar Rivelson Saragih, Staf Dan Task Force Letkol Mar Sabrowanto, Dansatgas Rimpac 2018 Mayor Marinir Aristoyuda, Danki Pasrat Mayor Marinir Afrison Taufik, Pabandya Sops Kormar Mayor Marinir Bastian dan Pabandya Sops Pasmar-2 Mayor Marinir Eggie melaksanakan peninjauan material tempur Korps Marinir yang berada di KRI Makassar-590.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *