Jembatan Sitiarjo Kabupaten Malang Korban Banjir Bandang 2022, Selesai Dilaksanakan Sesuai Kontrak

  • Whatsapp
Jembatan Di Sitiarjo Penghubung Dua Desa Selesai Dilaksanakan sesuai Kontrak.

Kabupaten Malang, beritalimacom | Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, telah membangun Jembatan penghubung antar Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing wetan dengan Desa Sidodadi Kecamatan Gedangan, yang diketahui bahwa jembatan tersebut merupakan jembatan korban bencana tahun 2022, dan kini lebih cepat dari kontrak, selesai dikerjakan.

“Jembatan yang terputus karena bencana alam tahun 2022 lalu, itu sudah selesai dikerjakan pada 20 Desember 2023 lalu, kontraknya berakhir pada 29 Desember 2023, alhamdulillah ebih cepat 9 hari,”ungkap Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Khairul Kusuma kepada beritalimacom, Rabu (10/1/2024).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, jembatan penghubung itu memiliki dimensi panjang bentang 50 meter dengan dimensi lebar 7 meter (tepi 2 jembatan) efektif 6 meter. Bahkan, desain jembatan memiliki bangunan atas dengan rangka baja B.50 berplat beton bertulang fc’ 25 MPa.

” Sementara untuk desain jembatan bangunan bawah yaitu abutment beton bertulang fc’ 25 MPa, serta pondasi berupa tiang pancang di kedua abutment, ” bebernya.

Ia mengatakan jembatan baru itu berada di ruas Jalan Sitiarjo-Sidodadi, menghubungkan antar desa, yakni, Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan dengan Desa Sidodadi Kecamatan Gedangan.

“Jembatan ini sebelumnya rusak usai diterjang banjir pada 17 Oktober 2022 lalu, dan tuntas kami kerjakan di 20 Desember mas,” terangnya.

Selain itu, Khairul Kusuma menambahkan jembatan ini, merupakan satu-satunya akses penghubung antara dua desa di perbatasan dua kecamatan, yaitu Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing wetan dan Desa Sidodadi Kecamatan Gedangan, bahkan sebagai wujud syukur atas pembangunan jembatan itu, warga sekitar mengadakan tasyakuran di tengah jembatan pada 30 Desember 2023 lalu.

“Ya Alhamdulillah, warga desa juga melakukan tasyakuran yang dilaksanakan pada 30 desember 2023,” tutupnya. [Usamah]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait