Jokowi Lantik Lystio Jadi Kapolri, Harapan LaNyalla Penanganan Hukum Lebih Transparan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Rabu (27/1) melantik Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz yang segera memasuki masa pensiun.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyambut positif perubahan di pucuk pimpinan Polri itu. LaNyalla berharap Kapolri yang baru bisa menciptakan rasa aman secara menyeluruh kepada masyarakat.

“Selamat buat Jenderal Polisi Listyo yang dilantik menjadi Kapolri. Kita harapkan program atau keputusan yang baik telah dijalankan Kapolri sebelumnya bisa dilanjutkan. Kapolri juga bisa mengevaluasi kekurangan dari pendahulunya,” kata LaNyalla dalam keterangan pers yang diterima awak media, Rabu (27/1).

Ditambahkan, sebagai Kapolri baru, Listyo harus menjalankan perundang-undangan selurus-lurusnya. “Jadikan hukum sebagai ujung tombak penegakkan keadilan dan kedisiplinan. Hukum harus dijalankan secara transparan dan berpihak kepada kebenaran,” kata LaNyalla.

Menurut senator Dapil Provinsi Jawa Timur ini, LaNyalla, salah satu tugas berat Kapolri baru adalah mendukung pemerintah mewujudkan kedisiplinan masyarakat pada penerapan protokol kesehatan (prokes).
“Selain permasalahan hukum, Polri juga harus mendukung penciptaan kedisiplinan masyarakat. Saat ini kedisiplinan masyarakat terhadap prokes sangat rendah. Akibatnya penyebaran Covid-19 terus terjadi.,”
Proses Listyo menjadi Kapolri telah melalui persetujuan DPR, dan telah melalui tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) oleh Komisi III DPR RI. Persetujuan diambil dalam paripurna DPR RI pekan lalu. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait