“Jumat Berkah” BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Aksi simpati terus dilakukan pimpinan dan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo. Jumat (26/1/2018) pagi, mereka bagi-bagi nasi bungkus kepada seluruh pekerja rentan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Taman Bendul Merisi Selatan, Kecamatan Wonokromo, Surabaya.

Aksi bagi-bagi nasi bungkus seperti ini juga telah mereka lakukan di TPS Kembang Kuning, Surabaya, Jumat pekan sebelumnya. Dan sebagaimana dikatakan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Poedji Santoso, kegiatan yang diberi nama “Jumat Berkah” ini akan mereka lakukan setiap Jumat pagi.

“Insyaallah kegiatan seperti ini akan kami lakukan setiap Jumat pagi. Kami sudah punya jadwal TPS-TPS yang akan kami datangi untuk beberapa pekan ke depan,” kata Poedji dengan didampingi Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Ferina Burhan, Jumat (26/1/2018).

Poedji mengemukakan, giat “Jumat Berkah” ini murni ide dan keikhlasan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo. Jelasnya, seluruh biaya kegiatan ini murni dari urunan sukarela para karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo.

“Mereka sangat empati melihat perjuangan hidup para pekerja di TPS, yang kerjanya cukup keras tapi pendapatanya pas-pasan, bahkan mungkin tak cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Karena itu kami sepakat untuk berbagi dengan para pekerja rentan ini,” terang Poedji.

Lebih dari itu, lanjut Poedji, kepedulian para karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo ini merupakan apresiasi program BPJS Ketenagakerjaan yang visinya melindungi seluruh pekerja Indonesia, terutama para pekerja rentan yang banyak berada di TPS.

“Menurut kami para pekerja rentan ini yang justru utama mendapat perlindungan jaminan sosial, tercover BPJS Ketenagakerjaan,” tegas Poedji.

Karena itu, dalam aksi sosial yang diikuti seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo ini juga disertai sosialisasi, pemberian pemahaman tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial atas resiko kecelakaan kerja dan kematian.

“Kami juga berharap mereka daftar BPJS Ketenagakerjaan, yang iurannya hanya Rp 16.800,- per bulan,” kata Poedji.

“Tapi kalau toh mereka tidak segera daftar karena ketidakmampuannya, kami berharap kegiatan ini dapat menggugah perusahaan-perusahaan untuk membantu kepesertaan para pekerja rentan ini melalui dana CSR perusahaan,” lanjut Poedji.

“Prinsipnya para pekerja ini harus terlindungi jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan,” tandasnya.

Disebutkan, nasi bungkus yang mereka bagikan jumlahnya sesuai jumlah para pekerja di masing-masing TPS.

Poedji sendiri mengaku mensuport gagasan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo ini, karena dia berharap generasi muda BPJS Ketenagakerjaan lainnya lebih memprioritaskan para pekerja miskin. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Poedji Santoso, bersama para pekerja rentan di TPS Taman Bendul Merisi Selatan, Surabaya, Jumat (26/1/2018).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *