Jumlah KA Berhenti Operasi Masih Terus Bertambah

  • Whatsapp
www.beritalima.com

SURABAYA, beritalima.com | Jumlah kereta api (KA) yang operasionalnya dibatalkan masih terus bertambah. Terbaru, Rabu (1/4/2020) kemarin, PT KAI Daop 8 Surabaya kembali mengumumkan penambahan KA yang perjalanannya dibatalkan pada April 2020 ini.

Dengan demikian, saat ini PT KAI Daop 8 Surabaya telah membatalkan atau tidak mengoperasikan 22 KA Jarak Menengah/Jauh, dan tinggal mengoperasikan 19 KA Jarak Menengah/Jauh.

Pengurangan KA yang dioperasikan ini, sebagaimana yang dikatakan Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, karena penurunan jumlah penumpang yang sangat signifikan akibat penyebaran Virus Corona (Covid -19).

Penurunan jumlah penumpang di wilayah PT KAI daop 8 Surabaya ini terlihat dari jumlah penumpang yang naik pada 1 Maret 2020 sebanyak 40.148 orang/hari dan penumpang yang turun 40.662 orang/hari.

www.beritalima.com

Kemudian pada 31 Maret 2020 kemarin jumlahnya menurun dratis, dimana penumpang yang naik hanya 6.259 orang/hari dan yang turun 7.333 orang/hari.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pembatalan perjalanan 22 KA tersebut diputuskan dalam 5 tahap. Tahap pertama 4 KA, tahap kedua 5 KA, ketiga 5 KA, keempat 6 KA, dan kelima yang baru kemarin 2 KA.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Dua perjalanan KA yang dibatalkan operasionalnya mulai 8 April sampai 30 April 2020 itu KA Malioboro Ekspres relasi Yogyakarta – Malang (pp) dan KA Bangunkarta relasi Surabaya Gubeng – Gambir (pp).

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Namun bersamaan itu juga disebutkan ada 2 KA yang jarak operasionalnya diperpendek, yakni KA Lokal Ekonomi Bojonegoro yang relasi sebelumnya Surabaya Pasar Turi – Babat – Bojonegoro menjadi Surabaya Pasar Turi – Babat, dan KA Bima relasi Malang – Surabaya Gubeng – Gambir menjadi Surabaya Gubeng – Gambir.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Dan, untuk KA Lokal yang beroperasi tetap sebanyak 46 KA per harinya. Akibat wabah Cofid-19, KA Lokal hanya mengalami penurunan daya maksimal kapasitas okupansi dari 150% menjadi 75%.

www.beritalima.com

Akibat pengurangan daya angkut KA penumpang itu menyebabkan jumlah pembatalan tiket KA oleh masyarakat juga terus meningkat. Di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya dalam periode 1 sampai 31 Maret 2020 ada 49.894 tiket yang dibatalkan para calon penumpang.

“Bagi masyarakat yang ingin memesan, membatalkan atau merubah jadwal tiket KA kami harap gunakan fasilitas layanan online tiket di aplikasi KAI ACCESS, jadi tidak perlu keluar rumah,” kata Suprapto. (Ganefo)

Teks Foto: (Foto: Istimewa) ada 8

www.beritalima.com

Pos terkait