Gubernur Bengkulu Bersama Kapolda dan Danrem 041/ Gamas Bengkulu Tinjau Perbatasan Bengkulu-Sumbar

  • Whatsapp

Bengkulu, beritalima.com | Pastikan kesiapan Pemda Kabupaten Mukomuko sebagai wilayah terujung barat Bengkulu dalam menghadapi wabah virus Corona (Covid-19), Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Kapolda, Dandrem 041/ Gamas Bengkulu, jajaran FKPD Provinsi Bengkulu lainnya serta Sekda Provinsi Bengkulu dan kepala OPD terkait melakukan rapat koordinasi bersama pemerintah beserta unsur FKPD Kabupaten Mukomuko. Rabu (01/4).

Gubernur Rohidin meminta kabupaten selaras menjalan kebijakan pencegahan dan pengawasan covid-19 dan terus mensosialisasikan upaya pencegahan seperti rajin cuci tangan, melakukan sosial dan physical distance, serta perilaku hidup bersih dan sehat secara berjenjang kemasyarakat.

“Tentu hal ini dilakukan untuk semakin memperkuat perbatasan melawan penyebaran pandemi global Covid-19,” ungkap Gubernur Rohidin usai pimpin rakor di Rumah Dinas Bupati Mukomuko, Rabu (01/04).

Pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) 100 Set, terdiri dari Masker 200 Box, Masker N-95 40 Pcs, Rapid test Covid-19 200 Test, Handscoon 100 pcs untuk Posko Mukomuko – Sumbar. Selanjutnya Masker 100 pcs untuk Posko Mukomuko – Sumbar, APD 5 Pcs untuk Posko Mukomuko.

Setelah sebelumnya tinjau perbatasan Bengkulu-Lampung dan Bengkulu-Sumatera Selatan, hari ini Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga meninjau posko kesehatan di perbatasan Bengkulu-Sumatera Barat yaitu Mukomuko- Padang.

Didampingi Kapolda, Danrem 014 Gamas dan OPD provinsi Bengkulu, Gubernur Rohidin memastikan semua sesuai protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah pusat.

“Disini kita juga memastikan tim terpadu di daerah perbatasan melakukan screening orang yang masuk ke Provinsi Bengkulu dan melarang masuk bagi orang yang terindikasi atau terjangkit Covid-19,” tegas Gubernur Rohidin Mersyah.

Selain itu ASN dan Anggota DPRD diminta untuk menunda perjalanan dinas keluar daerah kecuali panggilan darurat dari pusat. Diharapkan anggota DPRD dapat turun ke dapilnya membantu masyarakat yang terkena dampak corona.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah kemudian juga meninjau RSUD Mukomuko. Dirinya mengapresiasi Pemkab Mukomuko yang telah menyiapkan ruang penanganan khusus yang terpisah dan memiliki jalur berbeda dari pasien umum. Hal ini karena RSUD Mukomuko merupakan salah satu Rumah sakit rujukan tambahan penanganan Covid-19 di Provinsi Bengkulu.

Gubernur juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada dokter dan tenaga medis di Rumah sakit ini yang siap siaga jika kemungkinan buruk terjadi.

Dihari yg sama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan peninjauan ke Posko Perbatasan Muko-muko – Pesisir Selatan (Sumatera Barat)
Di sini Gubernur Rohidin meninjau langsung kelengkapan Posko Perbatasan mulai tempat cuci tangan, bilik anti septik dan ruangan pendataan.

“Saya meminta petugas dibagi beberapa shift kerja agar mempunyai cukup waktu istirahat. juga berpesan agar Tim Media dan Petugas di Posko Perbatasan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan berhati hati dalam bekerja,” pungkas Gubernur Rohidin.

Dirinya juga meminta kepada Bupati Mukomuko Khairil Huda untuk memperhatikan ketersediaan makanan serta kebutuhan lainnya yang dianggap perlu. (rl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait