Kabupaten Madiun Gondol Tiga Penghargaan dan Prevalensi Stunting

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin, mengajak semua pihak untuk menjadikan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022 sebagai momentum untuk memperkuat komitmen mencegah terjadinya kekerdilan pada anak (stunting).

Hal tersebut disampaikan oleh istri Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022 di Pahlawan Bisnis Center, Kota Madiun, Rabu 29 Juni 2022.

“Mari jadikan moment kegiatan sebagai wujud komitmen bersama dalam menurunkan angka stunting di Jawa Timur,” kata Arumi.

Arumi menambahkan, keluarga merupakan sumber kehidupan. Karena, mampu memberikan rasa aman, melindungi dan menjaga kepada setiap anak. Keluarga memberikan perlindungan dengan menjadi sumber kebahagiaan, cinta dan kasih sayang yang selalu menopang semangat seluruh anggota keluarganya.

“Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang menjadi pranata sosial pertama dan utama dalam mengemban fungsi strategis yang dengan kuat dapat membekali nilai-nilai kehidupan generasi muda di masa depan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto, mengatakan, setiap pemerintah, baik di tingkat pusat sampai daerah, pihak swasta, media massa dan lapisan masyarakat hingga lapisan terbawah untuk benar-benar menjaga komitmen bersama dalam mencegah terjadinya stunting pada anak.

“Pemerintah menargetkan prevalensi stunting di tahun 2024 sebesar 14 persen. Kabupaten Madiun sendiri prevalensi stunting kurang sedikit lagi untuk memenuhi target yang ditentukan. Meskipun begitu, kerja keras Pemkab Madiun terus berjibaku mengajak seluruh masyarakat untuk berperan mencegah stunting,” kata Hari Wuryanto.

“Kita selalu berkoordinasi dengan BKKBN untuk menurunkan angka stunting. Tanpa koordinasi yang baik, kita tidak akan bisa menurunkan angka stunting,” tandasnya.

Dalam tersebut, Kabupaten Madiun mendapatkan dua penghargaan. Yakni Juara I Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022 Kategori Kader IMP (PPKBD/Sub PPKBD) dan kedua Juara II tingkat Provinsi Jawa Timur penyuluh terbaik PNS yang diraih oleh Balai Kecamatan Wungu, serta Juara I OPD KB dengan presentase capaian tertinggi (234,08%) pada kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor (PSA) dalam Rangka Hari Keluarga Nasional ke-29 tahun 2022. (Dibyo).

H. Hari Wuryanto (nomor 2 dari kiri) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait