Kadin PMD OKU : 3 Indikator Yang Dinilai Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten

  • Whatsapp

Ogan Komering Ulu, beritalimacom— Lomba desa merupakan salah satu kegiatan untuk mengevaluasi perkembangan pembangunan disegala bidang, yang telah dilaksanakan oleh desa sehingga penilaian yang dilakukan adalah desa yang terbaik di masing-masing Kecamatan, ada sejumlah kriteria yang harus disajikan dalam rangka penilaian lomba desa.

“Hari ini di desa Laya Kecamatan Baturaja Barat lomba desa kita selenggarakan, Tim penilaian lomba desa dilakukan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tergabung dalam Tim penilaian evaluasi dari Dinas PMD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, Bagian Kemasyarakatan Setda OKU, Tim Penggerak PKK Kabupaten, BNPB, dan Universitas Baturaja,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten OKU Drs Ahmad Firdaus, MSi disela acara kegiatan lomba desa Laya Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Kamis (13/4/2017).

Sedangkan kriteria penilaian, Ahmad Firdaus dijelaskannya antara lain indikator yang dinilai kriteria bidang pemerintahan, kriteria bidang kelembagaan, dan kriteria bidang kewilayahan atau kemasyarakatan, dan ini merupakan 3 indikator penting dalam penilaian lomba desa.

“Jadi dalam penilaian semua unsur terlibat, sehingga untuk melakukan kecurangan terhadap penilaian lomba desa dianggap mustahil, semua desa yang ada di Kabupaten OKU, semuanya dinilai bagus namun yang dinilai tentu ada yang lebih bagus lagi,” jelasnya.

Ditambahkan Firdaus, kegiatan ini diselenggarakan Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

“Dengan adanya lomba desa ini kami berharap akan tercipta perbaikan-perbaikan terkait administrasi, dan pembangunan desa yang lebih baik, dan juga hasil lomba desa tingkat Kabupaten yang mendapatkan penilaian terbaik nantinya akan ke Tingkat Provinsi yang diselenggarakan pada bulan Mei mendatang,” imbuhnya.

Camat Baturaja Barat Heryamin, SAg,SP,MSi mengatakan lomba desa tingkat Kabupaten, dirinya bersama kepala desa sudah memberikan motivasi dan melakukan yang terbaik, untuk desa Laya sebagai desa yang ikut lomba desa dari Kecamatan Baturaja Barat.

Menurutnya diselenggarakan lomba desa paling tidak ada perbaikan administrasi, kebersihan, OP2K, kegiatan pembangunan peningkatan untuk lebih baik lagi, dalam lomba desa ini yang pastinya berharap mendapatkan juara dan masyarakat desa laya berpacu.

“Dalam hal ini Pihak Kecamatan Baturaja Barat terus melakukan pembinaan dan menyampaikan kepada kepala desa (Kades) harus siap profil desa dari Tahun 2015 hingga 2016, kemudian SPJ Tahun 2016, serta APBDes Tahun 2017,” ungkap Heryamin.

Terpisah Kepala Desa Laya Samsul Hazairin merasa bangga diselenggarakan lomba desa, karena bukan semata-mata mengharapkan juara, melainkan mempererat hubungan silaturahmi antara pemerintahan desa Laya dengan Dinas PMD Kabupaten OKU dan pihak Kecamatan Baturaja Barat.

“Diacara lomba desa kali ini ada kebanggaan tersendiri, sebab dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten,” kata Kades.

“Lomba desa yang diselenggarakan ini kalaupun terpilih memang itu yang diharapkan, jika tidak terpilih akan menjadi motivasi untuk ditingkatkan, dan kami berharap kedepan Dinas PMD OKU agar dapat membina dan membimbing dalam pelaksanaan pembangunan didesa Laya supaya bisa lebih baik,” tegasnya.

(Ariyan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *