Kalijodo yang Ramah Anak

  • Whatsapp

Oleh: Helmy Herlambang

beritalima.com – Hidup di kota yang sibuk pastinya membuat pikiran menjadi penat, apalagi setelah beraktivitas seminggu penuh. Mengunjungi tempat rekreasi bersama keluarga tentunya menjadi cara untuk menghilangkan kepenatan tersebut. Tempat wisata yang ramah anak dan mengedukasi tentunya menjadi pilihan jika pergi bersama sang buah hati. Di Jakarta sendiri terdapat banyak tempat rekreasi yang ramah anak, salah satunya adalah Kalijodo.

Kawasan Kalijodo di daerah Tambora, Jakarta Barat, sebelumnya merupakan tempat hiburan malam dan prostitusi terbesar di Jakarta. Namun, daerah tersebut berhasil ‘disulap’ menjadi kawasan yang ramah anak.
Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo diresmikan oleh Basuki Tjahaja Purnama pada 22 Februari 2017. Terdapat sejumlah fasilitas seperti skatepark yang dapat dinikmati oleh anak-anak remaja. Tak hanya itu, Kalijodo juga menyediakan fasilitas untuk anak-anak yang masih dibawah umur.

RPTRA Kalijodo terletak di bagian depan Taman Kalijodo, memiliki sejumlah wahana permainan untuk anak-anak, seperti papan jungkat-jungkit, ayunan, papan meluncur, dan juga lapangan futsal.
Tak hanya wahana bermain, RPTRA Kalijodo juga dilengkapi dengan sarana edukasi seperti perpustakaan, sehingga anak tidak hanya bermain saja, tapi juga belajar. Perpustakaan tersebut juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, sehingga anak-anak akan merasa nyaman saat membaca buku.

Perpustakaan di RPTRA Kalijodo tersebut seolah menjadi wadah edukasi untuk meningkatkan minat baca anak-anak di tengah keringnya minat baca anak Indonesia.
Kenyamanan dan keamanan di RPTRA dan RTH Kalijodo juga sangat dijamin menurut Dewi, salah satu pengelola yang bertugas di Kalijodo. “Disini kan ramah anak jadi harus mengikuti peraturan. Tidak merokok dan sebagainya, paling penting sampah,” terang Dewi. Lanjutnya, kawasan tersebut juga terus diawasi oleh CCTV yang langsung terhubung ke kantor Pemprov DKI.

Seluruh fasilitas yang tertera di atas dapat Anda nikmati dengan keluarga secara cuma-cuma alias gratis. Jadi, tunggu apa lagi?

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *