Kapolres Sumenep Tindak Tegas Penambang Pasir Liar

  • Whatsapp
Kapolres Sumenep, AKBP. H. Joseph Ananta Pinora, SIK. Msi. Bersama pejabat utama Polres Sumenep saat menyusuri titik rawan penambangan pasir ilegal disekitar dusun pandan desa Ambunten tengah sumenep pasca pembakaran motor roda dua yang diduga milik penambang pasir liar

Sumenep, beritaLima – Sekitar pukul 8. 30. WIB. rabu (14/ 12) masyarakat Kecamatan Ambunten gaduh karena telah terjadi pengeroyokan serta pembakaran motor roda dua oleh massa sebanyak dua unit didusun pandan kecamatan Ambunten tengah kecamatan Ambunten Sumenep.

Kabarnya, peristiwa itu terjadi karena Dua orang tak dikenal sedang mengeruk atau menambang pasir yang ada diwilayah dusun pandan desa Ambunten tengah.

Karena kejadian tersebut, Kapolres Sumenep, AKBP. Joseph Ananta Pinora, SIK, MSi turun langsung ke TKP (Tempat Kejadian Perkara) untuk meninjau dan menindak lanjuti peristiwa pembakaran sepeda motor serta penambangan pasir liar/ ilegal yang dilakukan oleh oknum – oknum tidak bertanggung jawab.

Dalam keterangan Persnya pada Rabu siang (14/ 12), Kapolres Sumenep AKBP. H. Joseph Ananta Pinora, SIK, MSi. Menjelaskan, kronologis kejadian yaitu berawal dari salah satu warga sekitar yang melihat dua orang tak dikenal sedang mengeruk pasir, akhirnya warga tersebut memanggil temannya untuk datang ke wilayah tersebut dan akhirnya bermunculan warga lainnya hingga mencapai 300 orang. “Jengkel karena pasir di wilayah pandan sering dikeruk, massa ngamuk dengan membakar sepeda motor Mio dan bravo milik dua tersangka penambang pasir yang saat ini sedang dalam penyelidikankan”, jelas Kapolres.

Pihaknya juga menerangkan bahwa dirinya tidak akan segan – segan menindak, menangkap serta memberikan sangsi tegas kepada pelaku kejahatan penambang pasir liar. “Saya tidak akan segan – segan menangkap pelaku penambang liar karena selain merugikan negara juga merugikan masyarakat sekitar karena dampaknya adalah abrasi yang sangat berbahaya bagi lingkungan sekitarnya”, tegas Kapolres H. Joseph Ananta Pinora.

Kapolres Sumenep juga berpesan agar masyarakat tidak usah segan untuk melaporkan kepada yang berwajib bilamana ada kejadian penambangan pasir liar. “Saya harapkan kerjasama semua pihak dalam menuntaskan penambangan liar ini khususnya masyarakat sekitar lokasi untuk segera melapor bila terjadi penambangan pasir ilegal”, tandas Kapolres Pinora.

Kapolres berjanji akan mengungkap sindikat penambangan pasir liar yang sering terjadi di wilayah Ambunten Sumenep ini. “Demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sebagai Kapolres saya berjanji akan menangkap dan mengungkap tuntas pelaku penambang pasir ilegal agar tidak terjadi lagi kericuhan dimasyarakat dan terciptanya Kamtibmas di wilayah Kabupaten Sumenep”, tukas Kapolres Sumenep AKBP H Joseph Ananta Pinora, SIK, MSi.

Saat itu, Kapolres bersama pejabat utama Polres Sumenep terus menyusuri beberapa titik yang dianggap rawan penambangan liar disepanjang bibir pantai yang berhubungan dengan TKP untuk segera ditindak lanjuti.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *