KASDAM II/Sriwijaya Tinjau Latihan Posko I Korem Gapo

  • Whatsapp

Palembang, beritaLima – Dari hasil evaluasi, Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Marga Taufik, S.H., M.H. menganggap Korem 044/Gapo bersama unsur terkait yang ada di daerah ini, sangat baik dalam hal koordinasi penanggulangan bencana dan telah siap diaplikasikan jika terjadi bencana yang tidak di inginkan.

Kasdam mengatakan latihan ini memang sengaja dilakukan secara berkesinambungan agar koordinasi antar institusi melalui Pos Komando (Posko) dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu, dalam latihan ini sengaja dihadapkan dengan situasi dan kondisi yang sering terjadi di wilayah Sumsel bencana alam kebakaran hutan dan lahan gambut, Korem 044/Gapo yang diamanatkan untuk memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah harus mengkoordinir semua institusi agar dapat berjalan sinergis.

Dalam latihan Posko I Korem 044/Gapo yang melibatkan institusi lain sebagai pelaku dalam latihan ini, telah menjalankan SOP (Standart Operasi Pengamanan) atau proserdur tetap dengan baik. Usai latihan Posko I ini, direncanakan pula untuk mengelar kembali Latihan Posko II dan geladi lapangan dalam penanggulangan bencana. Apa yang telah diperlihatkan tersebut, diharapkan mampu diterapkan saat terjadinya bencana alam yang sebenarnya. Semua memang harus siap, karena bencana tidak tahu kapan datangnya.

Disisi lain Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. menerangkan, latihan Posko I tingkat Korem digelar selama tiga hari. Adapun mekanisme latihan telah dijalankan sesuai program, koordinasi antar stakeholder yang berkaitan dalam penanggulangan bencana, juga telah berjalan dengan baik dan dapat mengetahui tugasnya masing-masing serta koordinasi sendiri berjalan dengan baik melalui Posko yang ada.

Dijelaskan Danrem, sesuai dengan aturan yang ada setiap terjadinya bencana seperti bencana tingkat Provinsi maka Gubernur langsung menunjuk Danrem sebagai Incident Commander (IC) atau koordinator penanggulangan bencana, begitupula di tingkat Kabupaten/ Kota, Bupati/Walikota menunjuk Komandan Kodim untuk menjadi IC. Ketika bencana terjadi, nantinya akan digolongkan apakah bencana statusnya skala Kabupaten, Provinsi atau Nasional. Itu semua akan dilihat dari dampak yang ditimbulkan serta korban yang ada.

(Penrem 044/Gapo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *