Kejar Ketertinggalan, Pemkab Jember Gelar Bimtek PPID

  • Whatsapp
Sejumlah operator desa mengikuti Bimtek di salah satu hotel di Jember (beritalima.com/istimewa)
Sejumlah operator desa mengikuti Bimtek di salah satu hotel di Jember (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Untuk mengejar ketertinggalan, Pemerintah Kabupaten Jember menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa.

Bertempat di Dafam Hotel Jember, sejumlah pejabat PPID mengikuti bimtek, untuk mewujudkan Open Goverment atau pemerintahan terbuka, Senin (23/5/2022).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jember, Mirfano menyampaikan, Open Goverment itu sudah ada sejak 2012 lalu, dengan berlandaskan Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi, dan UU nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Open goverment itu tiga prinsip. Yaitu transparansi, praktis, dan inovasi. Sesuai UU tentang keterbukaan informasi dan pelayanan publik yang kita pegang,” katanya.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan open goverment di desa, pihaknya bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) memberikan Bimtek kepada PPID se- Kabupaten Jember.

“Sehingga bisa meningkatkan transparansi dan partisipasi publik di desa,” jelasnya.

Mirfano menyampaikan, operator PPID yang dikirim oleh Kepala Desa (Kades) ini rata-rata usianya masih muda. Tentu mereka akrab sekali dengan teknologi.

“Sehingga harapannya nanti, bisa berpartisipasi mengembangkan perekonomian dan potensi desa,” imbuhnya.

Sedangkan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Bobby Arie Sandy melaporkan, Bimtek kepada PPID itu diikuti oleh 226 operator desa secara luar jaringan (Luring), 226 kades dan sekdes melalui dunia jejaring (Daring).

“Terkait open goverment, Diskominfo sudah banyak mengembangkan aplikasi dan juga terus di-update. Sehingga pembangunan dan perekonomian kita bisa lebih baik lagi ke depannya,” ungkapnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait