Kelompok Tani Sejahtera Sudah Patenkan Alseral dan Alserga Buatannya

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Kelompok tani sejahtera dusun Mirombo Kelurahan Rojoimo kecamatan Wonosobo, menjadi salah satu kelompok tani terbaik di kabupaten Wonosobo yang medapat prestasi menjuarai lomba inovasi pertanian tingkat Jawa Tenggah pada pekan daerah yang diadakan oleh Dinas Pertanian Propinsi dengan kategori tekhnologi alat pertanian tahun 2019.

Dijelaskan Sigit salah satu pengelola kelompok tani sejahtera dusun Mirombo, untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional, Kelompok tani sejahtera mencanangkan ramah lingkungan mengurangi limbah plastik dalam pembuatan bibit pertanian.

Bacaan Lainnya

“Kelompoknya tetap konsisten dalam pembuatan bibit dengan mengunakan bahan-bahan organik/non kimia, sehingga apa yang mereka terapkan menghasilkan bibit unggul. Bibit yang ada disediakan untuk para petani yang akan menanam bibit dari kelompok tani sejahtera dusun Mirombo Rojoimo.” Ujar Sigit Minggu (15/03).

Kelompok tani sejahtera menjadi salah satu kelompok tani terbaik di wonosobo dengan menciptakan inovasi pembuatan alat pertanian masa kini.

“Kami bersama teman-teman berinovasi menciptakan alat baru yang modern. Alat tersebut menjadi satu-satunya alat yang ada di Indonesia dan sudah dipatenkan dengan hak paten kekayaan intelektual (Haki). Alat tersebut adalah alat semai ramah lingkungan (Alseral) dan alat serbaguna cangkul roda (Alserga).” Paparnya

Sigit menambahkan, kelompok tani sejahtera pada 2019 mendapat juara 1 pada lomba Wonosobo agritech competition (WAC) pada pameran inovasi Propinsi Jateng mewakili kelompok tani nelayan andalan (KTNA) kabupaten Wonosobo pada pekan daerah (PEDA) tingkat KTNA Jateng yang diadakan di kota Tegal oleh Dinas Pertanian Propinsi.

“Pada bulan April 2020 kelompok tani sejahtera akan mengikuti lomba pekan nasional (PENAS) di Padang Sumatra Barat yang diadakan oleh kementrian pertanian mewakiki kelompok tani nelayan andalan (KTNA) kabupaten wonosobo.” Jelas Sigit (Rjt-05 Budi).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait