Kelompok Ternak Makmur Jaya Karangrejo, Dapat Hibah 10 Ekor Kambing PE Betina

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Tulungagung, memberikan hibah kambing ternak kepada Kelompok Karangrejo Makmur Jaya.

Kelompok ternak Makmur Jaya berada, di Desa Karangrejo, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Kepala Disnakkeswan Kabupaten Tulungagung Mulyanto melalui Santik Purnawijayanti, kabid perbibitan dan produksi peternakan mengatakan bahwa, bantuan kambing berupa hibah ternak kepada kelompok ternak Makmur Jaya sebanyak 10 ekor kambing PE betina peranakan etawa.

Menurutnya, kambing yang dibagikan kepada kelompok sudah di seleksi, sesuai dengan SNI dan melalui proses-proses pemeriksaan.

“Ada beberapa proses pemeriksaan terhadap kambing yang akan disalurkan kepada kelompok yakni, meliputi PMK, Antraks dan lainnya. Seluruh kambing ini sudah di vaksin PMK, jadi secara persyaratan kesehatan kambing dinyatakan sehat,” ujar Santik. Kamis, (20/7/2023).

Lanjutnya, karena ini pengajuannya dari kelompok, maka kambing ini merupakan aset kelompok bukan milik pribadi.

“Intinya, kambing ini aset kelompok, entah nantinya dikelola secara bersamaan atau mandiri, tergantung kesepakatan kelompok dan harus dikembangkan,” tutup Santi.

Sementara itu, H. Ahmad Baharudin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung mengungkapkan, bantuan berupa ternak kambing ini diberikan kepada kelompok masyarakat, sesuai dengan tujuan pemerintah yaitu, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui peternakan.

“Kelompok yang mendapatkan bantuan ini, bisa mengembangkan lewat ternak kambing. Jadi saya minta dari Dinas Peternakan atau yang membidangi dalam hal ini, untuk melakukan pembinaan-pembinaan kepada kelompok, agar sesuai dengan harapan pemerintah,” ungkapnya.

Baharudin menambahkan, setiap tahun selalu menyalurkan ternak kepada kelompok, namun untuk tahun kemarin ditiadakan karena sedang ada wabah Penyakit Mulut dan Kambing (PMK), sementara di tahun 2020-2021 ada refocusing.

“Memang ini merupakan program dari pemerintah untuk meningkatkan taraf ekonomi maupun pendapatan masyarakat,” tambah Baharudin.

Disinggung terkait peluang untuk kelompok atau masyarakat lainnya untuk mendapatkan hibah ternak, Baharudin mengatakan, siapapun bisa mengajukan dan mendapatkan hibah ternak, namun tetap melalui prosedur dari Dinas Peternakan.

“Masyarakat bisa membuat proposal pengajuan untuk mendapatkan bantuan ternak kambing. Terpenting, persyaratan atau regulasi dapat dipenuhi,” tuturnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Karangrejo mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada Kelompok ternak Makmur Jaya. Bantuan ditindaklanjuti dengan pembinaan dan bimbingan agar kelompok ini berkembang

“Semoga dengan adanya bantuan hibah ternak kambing dari Dinas Peternakan, bisa meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, paparnya, semakin cepat berkembang akan semakin banyak pula keuntungan yang didapat oleh kelompok tersebut.

“Harapan kami, para peternak ini bisa berkembang tidak hanya 1 kelompok saja, sehingga kelompok-kelompok lain juga berkembang, menjadi peternak yang maju,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait