Kelurahan Kepatihan Gelar Bersih Desa dan Grebek Tumpeng Hasil Bumi

  • Whatsapp

Tulungagung, beritalima.com- Pemerintah Kelurahan Kepatihan, menggelar Bersih Desa sebagai wujud syukur serta mempererat tapi silaturahmi dalam melestarikan warisan budaya leluhur yang rutin dilakukan setiap tahun,

Acara berlangsung di Balai Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Tulungagung Kota Kabupaten Tulungagung. Jum’at, (16/6/2023).

Diawali dengan Khotmil Quran, selamatan doa bersama dengan pembacaan surat Yasin dan Tahlil, dilanjutkan dengan Gerebek Tumpeng yang berisi hasil bumi berupa buah dan sayuran serta dimeriahkan pentas seni jaranan. Ratusan warga, nampak sangat antusias mengikuti acara tersebut.

Hadir dalam acara Bersih Desa Kepastian yakni, Camat Tulungagung, Kapolsek Tulungagung, Danramil Tulungagung, Karang Taruna Putra Patih, Sesepuh, serta perangkat Kelurahan Kepatihan.

Rio Hendrawan Nusantara, S.E, Lurah Kepatihan mengatakan, tradisi Bersih Desa merupakan warisan budaya leluhur yang rutin dilakukan setiap tahun sebagai wujud syukur atas berkah yang melimpah yang harus tetap dilestarikan oleh masyarakat Kelurahan Kepatihan, yang ditandai dengan menggelar Grebek Tumpeng Hasil Bumi.

“Selain untuk melestarikan budaya, tradisi ini dilakukan juga sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME, supaya kita semua khususnya warga Kelurahan Kepatihan, selalu diberi rejeki yang melimpah dan berkah, serta sebagai ajang untuk mempererat silaturahmi warga,” tuturnya.

“Selain itu, dengan melaksanakan Grebek Tumpeng hasil Bumi, dan selamatan doa bersama, diharapkan mampu mempersatukan dan mempererat tali silaturahmi masyarakat.
Bukan hanya kesatuan kepentingan, kesatuan cita-cita, namun juga kesatuan masing-masing individu yang terlibat didalamnya,” ucap Rio.

Ia berharap, acara Bersih Desa di tahun mendatang, dapat dilaksanakan dengan lebih semarak dengan melibatkan seluruh warga Kelurahan Kepatihan khususnya generasi muda.

“Agar mereka mau untuk melestarikannya karena didalam acara ini terkandung makna dan nilai budaya yang tinggi atau adiluhung. Semoga seluruh warga Kelurahan Kepatihan untuk satu tahun mendatang selalu diberi kesehatan, rejeki yang melimpah sehingga masyarakat sejahtera, Aamiin,” pungkasnya.

Sebagai puncak acara Bersih Desa tahun 2023 Kelurahan Kepatihan, malam harinya dilanjutkan dengan acara Sholawat bersama. (Dst).

beritalima.com

Pos terkait