Kembangkan Humas Bakamla RI Membangun Kepercayaan Publik

  • Whatsapp

Dalam rangka meningkatkan kualitas personel Bakamla RI, Direktorat Pengembangan dan Penelitian Bakamla RI menyelenggarakan Konsinyering Penelitian Membangun Kepercayaan Publik Melalui Sarana Multimedia dalam Rangka Optimalisasi Tugas dan Fungsi Bakamla RI di All Season Hotel, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Kegiatan dibuka dengan pembacaan sambutan Plt. Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Brigjen Pol. Drs. Arifin, M.H., oleh Plt. Direktur Penelitian dan Pengembangan (Dir. Litbang) Brigjen Pol Drs. Frederik Kalalembang. Setelah membacakan sambutan Plt. Deputi Jakstra Bakamla RI, Frederick melanjutkan dengan berbagi pengalaman di bidang kehumasan selama bertugas di satuan asalnya di Polri. Frederick juga memberikan gambaran umum sesuai topik konsinyering, yaitu membangun kepercayaan publik melalui sarana multimedia. Pejabat tinggi Polri ini menekankan bahwa melalui humas diperlukan komunikasi yang baik untuk disampaikan kepada publik. Terlebih lagi pada kondisi saat ini, segala sesuatunya bersinggungan dengan multimedia. “Jadi melalui humas, kita dapat mengangkat atau menjatuhkan seseorang atau sesuatu. Tergantung pada bagaimana komunikasi yang disampaikan dan hubungan yang terjalin dengan masyarakat dan rekan-rekan media massa”, imbuhnya.

Lebih lanjut, kegiatan ini turut mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya, baik dalam sisi akademisi dan dari sisi media massa.

Ermiel H. Tabrani, M.Si., merupakan akademisi di bidang public relation di salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jakarta. Ermiel menyampaikan paparan yang menambah wawasan seluruh peserta mengenai bidang kehumasan. Tidak hanya memberikan edukasi singkat dari kulit luarnya saja, Ermiel juga memberikan contoh-contoh yang relevan di bidang kehumasan yang sudah dilakukan dengan sangat baik oleh kementerian/lembaga lain di Indonesia. Dalam kesempatan ini, Ermiel juga memberikan saran yang membangun untuk perubahan Humas Bakamla RI ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

Tidak hanya itu, konsinyering ini juga difasilitasi oleh Wakil Pemimpin Redaksi Kompas TV Yogi Arief Nugraha. Di sela-sela jadwal kegiatan yang padat, Yogi menyempatkan diri untuk berbagi ilmu dengan Bakamla RI. Yogi memberikan edukasi singkat mengenai kehumasan dari sisi jurnalistik, terutama melalui media televisi. Secara luwes Yogi menyampaikan pengalamannya di bidang jurnalistik dan juga memberikan saran yang membangun agar Bakamla RI dapat selalu diingat oleh masyarakat.

Kegiatan konsinyering ini ditutup dengan paparan dari Kasubbag Humas Bakamla RI Kapten Marinir Mardiono, yang menyampaikan mengenai kegiatan kehumasan yang telah dilakukan oleh Tim Humas Bakamla RI. Visi dan misi di masa mendatang untuk membentuk Humas Bakamla RI menjadi lebih baik tidak lupa pula disampaikan. Kapten yang berasal dari Tamtama Korps Marinir ini memaparkan materi dengan sangat bersahabat, memberikan penyegaran dalam mengikuti kegiatan konsinyering ini dengan gaya ‘serius tapi santai’.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *