Kembangkan Sistem GIS PDAM Kota Depok Selangkah Lebih Maju

  • Whatsapp

DEPOK, beritalima.com| Sebagai wujud peningkatan pelayanan kepada Masyarakat Kota Depok, pada tahun 2019 ini PDAM Tirta Asasta Kota Depok telah mengembangkan sistem GIS yang menampilkan data pelanggan terdaftar.

Geographic Information System atau disebut juga dengan GIS adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. (sumber wikipedia)

Seperti di ungkapkan oleh Asep Wardana Manager Teknologi Informasi bahwa penerapan GIS pada pemetaan jaringan pipa telah selesai dilaksanakan pada tahun 2018. Kini untuk mengetahui wilayah mana saja yang telah terlewati jaringan pipa PDAM, cukup membuka aplikasi GIS tersebut.

“Digitasi pemetaan jaringan pipa untuk seluruh jaringan pipa PDAM yang berada di depok telah 100% selesai” kata Asep Wardana, Manajer Teknologi Informasi,Senin (22/04/2019)

Melanjutkan perkembangan GIS di tahun 2018, di tahun 2019 ini digitasi data pelanggan telah dimulai. Untuk tahap awal, Area Cimanggis akan menjadi fokus pelaksanaan pemetaan data pelanggan.

Hal senada juga di sampaikan oleh
Manajer Pemasaran Imas Dyah Pitaloka) bahwa untuk kedepannya, perkembangan GIS di PDAM Tirta Asasta Kota Depok tidak berhenti sampai di pendataan pelanggan. Hal selanjutnya yang akan dikembangkan adalah data status pelanggan, dimana status pelanggan yang aktif, di segel atau putus dapat dilihat melalui GIS.

“Tampilannya seperti peta satelit, dimana jaringan pipa dan lokasi pelanggan dapat diketahui cukup dengan membuka aplikasi GIS saja”. Ujar Manajer Pemasaran Imas Dyah Pitaloka.

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *