Kementerian Pertahanan gandeng Korem Gelar Lomba Diskusi PCTA

  • Whatsapp

Ternate (26/07), Lomba Diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Kementrian Pertahanan digelar, kegiatan yang diikuti oleh 24 SMA/SLTA sedrajat serta 5 Perguruan Tinggi Se-Maluku Utara yang diwakili oleh timnya beradu ilmu pengetahuan yang mengambil materi ilmu Pengetahuan Umum, Pengetahuan Sosial (Sejarah, Geografi dan Kebudayaan) serta Aspek Pertahanan Negara dan Bela Negara Budaya Maritim dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan membuktikan sekolah mana yang lebih unggul berlangsung di Aula Babullah Makorem 152/Babullah Jl. A.M. Kamarudin No. 1 Kel. Sangaji Ternate Utara.

Kegiatan lomba yang dihadiri oleh Ka Korda Kemhan Malut Kolonel Mar Bambang Hullianto, Kasrem 152/Bbl,  Wakapolres Ternate, Kaban Kesbangpol Kota Ternate, Perwakilan BNNP Malut, Para Kepala Sekolah/Guru pembimbing serta siswa/siswi yang men-support rekannya yang sedang bertanding. Dalam sambutannya Danrem 152/Bbl yang dibacakan oleh Kasrem 152/Babullah menyampaikan bahwa kegiatan diskusi yang melibatkan pelajar SLTA/Sederajat sebagai upaya menanamkan nilai-nilai karekter kebangsaan yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membentuk kembali karakter yaitu melalui kegiatan sosialisasi yang melibatkan partisipasi aktif dari anak-anak muda Indonesia melalui sebuah program yang disebut “Parade Cinta Tanah Air”. Perlombaan yang mengambil metode diskusi yang dinilai oleh dewan juri dari  Mayor Inf Anang Setyoadi dari Korem 152/Babullah, serta 2 orang juri dari kalangan akademisi serta dari Dinas Pendidikan Kota Ternate. Penilaian dinilai berdasarkan tingkat pemahaman, penguasaan materi dan kemampuan untuk menjabarkan jawaban sesuai pendalaman masalah dan logika dari jawaban atau pendapat peserta serta kerjasama Tim, Sikap,  Gaya Bahasa Komunikasi dan Etika Berbicara. Kegiatan sendiri akan berlangsung selama 2 hari dimana pada hari pertama dilaksanakan lomba tingkat SLTA/Sederajat sedangkan pada hari kedua akan mempertemukan tim perwakilan tingkat Perguruan Tinggi. Pertandingan sendiri berlangsung panas dan penuh persaingan, sebab tiap-tiap tim yang mewakili sekolahnya masing-masing berusaha menampilkan terbaik serta mengerahkan segenap kemampuan untuk mementahkan pendapat tim lawan serta meyakinkan dewan juri serta akhirnya keluar sebagai juara. Tidak tanggung-tanggung para peserta yang meraih juara 1,2 dan 3 selain akan memperoleh Tropi dan Uang Pembinaan juga khusus juara 1 masing-masing kategori tingkat Provinsi pada berhak mewakil daerahnya untuk mengikuti perlombaan PCTA tingkat pusat yang akan digelar di Kementrian Pertahanan Republik Indonesia.

Setelah perjuangan panjang SMAN 3 Kota Tidore Kepulauan keluar sebagai juara pertama, sedangkan diposisi kedua ditempati oleh SMAN 8 Kota Ternate (Tim A), tempat ketiga diraih oleh SMAN 8 Kota Ternate (Tim B) dan Juara Harapan 1 dari SMAN 1 Kota Tikep. Secara otomatis SMAN 3 Tikep akan mewakili Provinsi Maluku Utara mengikuti lomba PCTA untuk kategori SLTA/Sederajat di tingkat pusat.

Penrem 152/Babullah)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *