Kementerian PUPR Dukung Aksi Dompet Dhuafa Peduli Saluran Irigasi

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kepala Subdirektorat Perencanaan, Direktorat Irigasi dan Rawa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Muhammad Tahid, mengecek kondisi saluran di Rejosari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rabu 29 Januari 2020

Dengan didampingi oleh beberap pejabat instansi terkait, termasuk pimpinan cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, Kholid Abdillah, pria yang biasa disapa Tahid ini, mengecek langsung saluran irigasi yang sudah mulai mengalami pendangkalan dan penyempitan.

Menurut Kholid, saat ini para petani mengalami beberapa masalah. Diataranya kesulitan mendapatkan akses pengairan karena aliran irigasi tidak sederas beberapa tahun silam.

“Mereka terpaksa membuat sumur tanah. Tentu hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hanya petani yang berkecukupan saja yang bisa melakukannya. Adapun petani miskin, mereka harus rela memangkas keuntungan hasil taninya untuk mendapatkan air dari sumur tanah yang dialirkan menggunakan sibel,” kata Kholid.

Sementara itu salah satu petani binaan Rumah Belajar Dompet Dhuafa (RB DD), Slamet, mengatakan, berharap segera dilakukan pengerukan dan pembersihan saluran irigasi agar air kembali lancar dan jika hujan turun dengan intensitas tinggi tidak menyebabkan banjir.

“Dengan irigasi lancar, kami bisa berhemat dan tidak mengeluarkan banyak biaya,” harap Slamet.

Usai mengecek lokasi, rombongan mengunjungi RB DD, zona mandiri dan berdaya yang diinisiasi oleh jurnalis senior Parni Hadi. RB DD melalui Parni Hadi adalah instansi yang pertama kali berinisiatif mengatasi permasalahan irigasi yang ada di sekitar kecamatan Sawahan dan menghubungi pihak-pihak terkait.

Konsep pengembangan holistic RB DD Rejosari, setelah normalisasi saluran irigasi adalah, melakukan penanaman pohon buah atau bunga sepanjang pinggir saluran, penebaran benih ikan, pembuatan sumur biopori, embung, PAH (penampung air hujan) untuk bantu pengairan, mendirikan unit usaha pembuatan pupuk organik dalam skala kecil dan makanan ternak (memanfaatkan sisa batang padi pasca panen), pengembangan demplot pertanian ramah lingkungan, kursus atau diklat untuk pertanian, seni budaya, bahasa Inggris, jurnalistik, home industries, kuliner, kepramukaan, relawan sosial, kader sehat dan tentunya wisata desa dengan atraksi alami (air, ikan, tanaman) seni budaya lokal.

Parni Hadi menegaskan, untuk mewujudkan semua kegiatan tersebut memerlukan kerja sama multi sektor pemerintahan atau dinas serta pelibatan masyarakat dan komunitas pendukung.

Di akhir kunjungannya, M. Tahid beserta rombongan dari beberapa dinas terkait, berdiskusi bersama para petani terkait sistem pengairan saat ini.

Banyak aspirasi yang disampaikan dan Ditjen Sumber Daya Air langsung merespon dengan usaha-usaha konkrit. Dalam waktu dekat, akan dilakukan pengerukan endapan-endapan di sepanjang saluran menggunakan excavator. (Red).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait