Kemkominfo Dorong UMKM Go Global

  • Whatsapp
Direktur lnformasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI, Septriana Tangkary SE, MM, di acara forum sosialisasi di Surabaya, Selasa (8/5/2019).

SURABAYA, beritalima.com | Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim telah menggelar forum sosialisasi bertajuk “UMKM Scale Up!: Potensi Lokal, Raih Pasar Global”, Selasa (8/5/2019).

Kegiatan di Spazio Hall Surabaya ini dihadiri Septriana Tangkary SE, MM, Direktur lnformasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI.

Septriana yang juga sebagai narasumber memaparkan program pemerintah dan dukungannya terhadap peningkatan potensi UMKM.

Narasumber lainnya adalah Mufid Wahyudi, Dipl Adv., BA., CPBC. Praktisi Ekspor lmpor ini mengemukakan pengalamannya dalam melakukan kegiatan ekspor impor.

Kemudian ada pula Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM, Presidant ICSB Surabaya, yang membahas tentang pendampingan para UMKM untuk dapat meningkatkan kualitas produk sehingga dapat bersaing di pasar global.

Dan terakhir perwakilan dari marketplace, Ivone Andayani dari Blanja.com, yang mambahas tentang potensi E-Commerce di Indonesia yang dapat membantu UMKM memasukl pasar global.

Acara yang diikuti ratusan peserta ini bertujuan untuk mendorong masyarakat memaksimalkan marketplace dalam transaksi dagang (E-Commerce) serta pengembangan industri meIaIui jualan online dengan skala global.

Selain itu untuk mensosialisasikan gerakan “Ayo UMKM JuaIan Online”.

Sebagaimana diungkapkan di acara ini, Indonesia memiliki potensi ekonomi digital terbesar di Asia. Jumlah penduduk yang besar dan penetrasi pengguna internet lebih dari 132 juta merupakan pendorong menjadi pasar bagi transaksi online terbesar di Asia.

Pemerintah Indonesia telah menyusun Peta Jalan E-Commerce Nasional, hasil kolaborasi lebih dari 8 kementerian dan Iembaga pemerintah Iainnya, yang jika terimplementasikan tepat waktu maka terproyeksikan nilai transaksi E-Commerce sebesar US$ 130 Milyar pada tahun 2020.

Target tersebut dapat terwujud tentu dengan memaksimalkan potensi yang ada. Salah satu potensi itu sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41%, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit.

Menurut data Kemkominfo 2018, sebanyak 9,61 juta unit UMKM sudah memanfaatkan platform online.

Dari segi infrastruktur Kemkominfo meningkatkan akses internet ke seluruh Indonesia, dari yang di daerah tadinya hanya bisa SMS saja sekarang bisa menggunakan Iayanan internet. Proyek Palapa Ring sudah sampai ke Indonesia bagian Timur. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *