Kendati Kondisi Lapangan Becek, HUMAPON Dilaksanakan Berjalan Lancar

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Sebanyak 14.000 lebih santri dari berbagai asrama lingkup Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas Jombang menghadiri HUT ke 109 Madrasah dan HUT ke 199 Pondok (HUMAPON) di lapangan Untung Suropati. Kendati lapangan becek akibat hujan deras tapi tidak menghalangi acara yang sudah diagendakan panitia.

“Dari awal Pondok Pesantren Bahrul Ulum sudah konsisten menjaga kualitas pendidikan hingga sekarang,” ujar KH. Hasib Wahab usai sambutan, Sabtu (27/1/2024).

Masih dikatakan Kyai Hasib, kualitas pendidikan dijaga hingga sekarang dalam arti harus menjaga akhlaqul karimah, memberikan pendidikan umum dan agama, dan menjaga etika.

HUT kedua lembaga tersebut dimulai dari pukul 06.00 wib sampai selesai. Namun dalam rangkaian acara sebelum Opening Ceremony HUMAPON tahun 2024 yang ditandai dengan pemukulan gong, diawali dengan kirab dari masing – masing ribath (asrama). Pondok putra membawa 28 kirab sedangkan pondok putri membawa 24 kirab.

Usai melaksanakan kirab, Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum dan pengurus harian PPBU menyaksikan penampilan drama kolosal yang diperankan oleh santri pondok putra yang tergabung dalam beberapa Teater MAN, Teater MMA, Teater Induk dan Teater Al – Ikhlas dengan mengambil tema kekerasan dan penyalahgunaan narkoba di pondok pesantren.

Sedangkan penampilan kesenian tradisional diperagakan oleh santri pondok putri dari beberapa pondok diantaranya adalah dari asrama Al-Lathifiyyah 1 dan 2, MQ, An.-Najiyah 1, As – Salma, Al – Amanah, Cemerlang, An – Najach dan Al – Hamidiyyah.

“Setelah itu ada 18 kirab balon hias berdasarkan daerah masing – masing,” ujar panitia.

Opening Ceremony HUMAPON dibuka oleh DR. KH. Wafiyul Ahdi, aelaku Ketua Umum Yayasan PPBU dan doa dibacakan oleh Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, KH. Hasib Wahab. Selanjutnya ditutup dengan pengumuman pemenang lomba kirab.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com

Pos terkait