Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Meraih Penghargaan Tertinggi Anugerah ASN 2018

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dibawah kepemimpinan Gubernur Anies Rasyid Baswedan kembali meraih penghargaan bergensi, kali ini Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta dinobatkan sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dalam Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2018 yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia, Syafruddin pada Malam Apresiasi Anugerah ASN 2018 di Auditorium LPP TVRI, Senayan, Jakarta (11/12).

“Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta kembali mengukir prestasi dari pemerintah pusat” ujar Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi.

Meskipun penghargaan yang diraih ditujukan kepada PPT Pratama atau pejabat eselon 2, namun Edy mengaku prestasi ini bukan hanya miliknya tetapi merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dibawah arahan dan bimbingan Gubernur, Sekretaris Daerah dan Para Pimpinan di lingkungan Pemprov. DKI Jakarta sebagai mentor terbaik.

“Prestasi ini tak lain adalah wujud komitmen amanah, dedikasi sepenuh hati dalam menghadirkan inovasi tiada henti dari seluruh jajaran DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dibawah arahan dan bimbingan Gubernur, Sekretaris Daerah dan unsur pimpinan di Pemprov. DKI Jakarta sebagai mentor terbaik” tutur Edy.

Anugerah ASN Tahun 2018 diberikan kepada dua kategori, yaitu kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dan kategori Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif. Kategori PPT Pratama Teladan merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada para PPT Pratama atau Pejabat Eselon 2 yang bertugas pada instansi pemerintah, para PPT Pratama ini diusulkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pejabat yang berwenang dari seluruh instansi pemerintah baik kementerian, lembaga negara dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk kemudian dilakukan penilaian oleh Tim Juri untuk dipilih sosok PPT Pratama panutan yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh karena telah menunaikan tugasnya dengan baik, berkinerja tinggi, berprestasi dan bahkan mampu melampaui ekspektasi organisasi.

“Kami terpukau, menjadi Juri sekaligus kami belajar alangkah hebatnya seluruh peserta para PNS dan para Pejabat Eselon 2, mereka berprestasi, mereka melakukan tugas pekerjaan yang jauh melebihi ekspektasi dari tugas yang diembannya sehari-hari” ujar Ketua Dewan Juri Anugerah ASN 2018, Helmy Yahya dalam sambutannya.

Lebih lanjut Helmy menyampaikan penilaian kategori PPT Pratama Teladan dilakukan dengan menyeleksi PPT Pratama yang diajukan dari hampir seluruh instansi pemerintah di Indoesia, kemudian ditetapkan 50 nominee terpilih sehingga didapatkan 10 Finalis kategori PPT Pratama Teladan. Sementara kategori PNS Inspiratif dengan menyeleksi PNS Inspiratif yang diajukan oleh masyarakat melalui media sosial kemudian ditetapkan 50 nominee terpilih sehingga didapatkan 15 Finalis kategori PNS Inspiratif, Tim Juri selanjutnya memilih 3 terbaik dari setiap kategori. Tim Juri mengapresiasi seluruh peserta yang sangat menginspirasi, saat ini ASN atau PNS di seluruh Indonesia memiliki kompetensi dan kinerja yang luar biasa.

“Semua finalis sudah menjadi pemenang, juri memilih 3 yang terbaik dari masing-masing kategori PPT Pratama Teladan dan PNS Inspiratif yang seluruhnya merupakan ASN dengan kinerja luar biasa dan menginspirasi” imbuh Helmy.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia, Syafruddin mengungkapkan kebanggaannya terhadap inovasi dan inspirasi yang telah dilakukan ASN saat ini. Bahkan beberapa inovasi tersebut diakui dunia internasional. Para ASN yang menerima anugerah malam ini telah menunjukkan dedikasi yang sangat tinggi sehingga mampu mengatasi tantangan yang ada untuk melakukan inovasi dan menjadi inspirasi di lingkungan masyarakat.

“Dengan kegigihan ASN, kita bisa mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa dan negara” ujar Menteri Syafruddin dalam sambutan pada Malam Apresiasi Anugerah ASN 2018.

Menteri Syafruddin menambahkan pemerintah telah memberikan perhatian sangat besar untuk perkembangan pembangunan ASN, dirinya yakin dengan pembangunan ASN yang baik akan memberi dampak positif bagi Indonesia.

“Penciptaan ASN Indonesia yang kompetitif akan meningkatkan daya saing bangsa ini di dunia global. Kredibilitas pemerintah akan naik, negara benar-benar hadir dan bermanfaat bagi masyarakat” tegas Menteri Syafruddin.

Anugerah ASN 2018 kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan selain diberikan kepada Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi, juga diberikan kepada Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal; dan Atok Irawan yang menjabat sebagai Dirut RSUD Sidoarjo. Sementara kategori PNS Inspiratif diberikan kepada Sutopo Purwo Nugroho dari BNPB, Ahmad Basori dari BPKP, dan Endang Yuli Purwati dari SMAN 4 Bandung.

Membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang terus dilakukan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta melalui Government Branding, seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara dan penduduk tentang peningkatan pelayanan publik. Penerapan nilai-nilai SETIA telah berhasil melahirkan berbagai inovasi layanan guna memberikan kemudahan kepada Warga Ibukota, diantaranya : terdapat 316 service point atau Unit Pelaksana (UP) PTSP dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten Administrasi dan Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB), Mobil AJIB, Tanya PTSP 1500-164, Antrian Online, Tanda Tangan Elektronik, Jasa Arsitek Gratis untuk bangunan rumah tinggal dengan luasan dibawah 200 m2 , IMB 3.0, PTSP Goes To Mall, dan Pelayanan Terpadu Keliling Kepulauan Seribu.

Inovasi layanan terbaru yaitu IMB Online yang dapat memproses dan menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) peruntukan Rumah Tinggal dan Non Rumah Tinggal (Gudang) hanya dalam waktu kurang dari 3 jam secara daring/online. DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga berhasil menerapkan nilai-nilai SETIA dalam penyelenggaraan perluasan fungsi PTSP dengan menyatukan pelayanan publik kewenangan pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, BUMD dan swasta lainnya dalam satu tempat yang disebut Mal Pelayanan Publik (MPP), bahkan menjadi percontohan di Indonesia yang ditetapkan melalui Keputusan MenPANRB Nomor 135 Tahun 2017 tentang Penetapan Percontohan Mal Pelayanan Publik. Selama 14 bulan beroperasi, tercatat 121 instansi pemerintah dan swasta telah melakukan kunjungan kerja ke MPP Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan best practice.

Berbagai inovasi layanan tersebut berhasil merebut kepercayaan publik dengan diraihnya sejumlah penghargaan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas penilaian kinerja DPMPTSP yang dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun swasta yang kredibel di Indonesia, diantaranya :

Rekor Muri Instansi penerbit perizinan dan non perizinan terbanyak dalam 1 tahun
Predikat Kepatuhan Tinggi (Zona Hijau), dari Ombudsman Republik Indonesia
Realisasi Investasi Tertinggi di Indonesia Tahun 2017, dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia
Investment Award 2018, dari BKPM Republik Indonesia
Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “Sangat Baik” dari KemenPANRB Republik Indonesia
Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 – PTSP Goes To Mall, dari KemenPANRB Republik Indonesia
Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik dengan Kualifikasi “Sangat Inovatif”, dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia
Public Service of the year Jabodetabek 2018, dari Markplus Inc.
Indonesia Attractiveness Award 2018, Provinsi Tempat Investasi Terbaik, dari Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group
Pelayanan Publik Terbaik, dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia, pada Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental
Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima (Nilai A), dari KemenPANRB Republik Indonesia
Anugerah ASN 2018 Kategori PPT Pratama Teladan, dari KemenPANRB Republik Indonesia. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *