Kepuasan Pada Polisi Turun, Kapolri Minta Bareskrim Melakukan Perbaikan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com | Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajaran Badan Reserse Kriminal Polri untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Menurut Sigit kemampuan memprediksi situasi harus selalu diperbaharui dengan perkembangan lingkungan, baik secara regional, nasional, dan global. Apalagi kejahatan pun semakin banyak jenisnya.

Perkembangan negara-negara maju, termasuk perkembangan teknologi, perkembangan dari kejahatan transnasional, akan langsung dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Sehingga tentunya perlu ada pengembangan terhadap pengetahuan dan keterampilan dalam rangka meningkatkan profesionalisme untuk menghadapi perkembangan kejahatan baru yang muncul,” ucap Sigit melalui keterangan tertulis, Senin, 5 April 2021.

Salah satunya, kata Sigit, adalah kejahatan di dunia teknologi informasi. Sigit menilai hal itu harus menjadi perhatian dan ditangani secara khusus. Secara spesifik, Sigit menginstrusikan tiga hal yang perlu dilakukan jajaran Bareskrim, yakni peningkatan kinerja penegakan hukum, pembenahan budaya organisasi, dan peningkatan komunitas publik.

Sebab, menurut Sigit, berdasar hasil survei Litbang Beritalima.com ada penurunan kepuasan masyarakat terhadap Polri terkait dengan beberapa aspek seperti penuntasan kasus hukum dan kasus kekerasan oleh aparat.

Kepuasan masyarakat di bidang hukum turun dari 53 persen menjadi 49,1 persen. Sementara pengaduan masyarakat didominasi kategori penerapan hukum dan sikap petugas Polri. “Perlu melakukan perbaikan-perbaikan dengan melibatkan penilaian masyarakat, menjadi sangat penting,” kata Kapolri Sigit.

Fredi/Redian, Beritalima.com

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait