Ketika Wali Kota dan Wakil Wali Kota Liverpool Jalan-jalan di Tunjungan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Kota Surabaya kedatangan tamu istimewa mulai hari ini, Minggu (18/3/2018). Tamuistimewa itu adalah Wali Kota Liverpool Joe Anderson dan Wakil Wali Kota Liverpool GaryMillar beserta rombongannya.

Kedatangan mereka disambut dengan hangat oleh jajaranPemkot Surabaya di Bandara Internasional Juanda, Minggu siang.Malam harinya, rombongan ini jalan-jalan sekaligus hunting foto di Jalan TunjunganSurabaya. Sekitar pukul 19.30, rombongan ini tiba di Jalan Tunjungan dan disambut olehsekitar 40 lebih komunitas fotografi Surabaya.

Mereka langsung melihat pertunjukangamelan itu sembari berfoto ria. Gamelan itu pun nampak unik, karena lagu-lagu yangdidendangkan berbahasa Inggris.Setelah puas mendengarkan lagu yang dibawakan sinden cantik itu, rombongan beranjak kepertunjukan selanjutnya. Sebab, malam ini Pemkot Surabaya memang menyediakan beberapapertunjukan di sepanjang jalan bersejarah itu.

Rombongan ini pun terhenti ketika melihat tulisan “Tunjungan” yang didesain cukup unik. Didepan tulisan itu, sang Wali Kota Liverpool menjadi objek foto, rombongan pun tak mauketinggalan untuk foto bersama di depan tulisan yang menyala itu.Selanjutnya, Wali Kota Liverpool dibuat takjub oleh seniman lukis yang sudah menyediakanlukisan wajah sang Wali Kota Joe Anderson dan Wakil Wali Kota Gary Millar.

Lukisan wajahyang nyaris sama dengan aslinya itu diberikan langsung oleh seniman itu, dan diabadikanoleh lensa kamera.Tepat di depan gedung Siola itu, Wali Kota Liverpool juga menyaksikan pertunjukan reogPonorogo dan diajak untuk menaiki kepala Reog.

Dengan dibantu para pemain Reog, iaduduk pelan-pelan di kepala Reog itu. Suasana tawa dan apresiasi pun diberikan kala itu. “Ini sangat bagus, saya mencoba memberanikan diri untuk naik ke atas Reog itu, padahalsebenarnya saya agak takut,” kata Wali Kota Liverpool Joe Anderson seusai menaiki kepalaReog.

Ia pun semakin terlihat senang ketika melihat penampilan Reog dan Jaranan yangdipentaskan oleh Himpunan Paguyuban Reog Ponorogo dan Jaranan Kota Surabaya(HIPREJS).

Petualangan rombongan dari Liverpool ini terus berlanjut dengan melihat penampilanBarongsai. Selanjutnya, senyumnya semakin merekah ketika melihat penampilan musikpatrol. Wali Kota Liverpool juga terlihat menari mengikuti tarian musik itu. Tepuk tangandari para rombongan dan warga yang menyaksikan tarian itu mengiringinya.

Ia pun sangat mengapresiasi tarian unik itu. Kedua tangannya bertepuk memberikan apresiasikepada para pemain musik patrol yang rata-rata masih remaja itu. Sedangkan Wakil WaliKota Liverpool Gary Millar, nampak sibuk mengabadikan momen-moment itu. Kameranyapun nampak dipencet berkali-kali dengan angle yang berbeda-beda.

“Ini sangat bagus sekali. Ini pengalaman yang menarik bagi saya dan rombongan, terimakasihSurabaya,” ujarnya.Sambil menikmati keindahan Jalan Tunjungan, Wali Kota Liverpool Joe Anderson jugatampak ramah terhadap warga yang menyaksikan kunjungan itu.

Bahkan, Wali KotaLiverpool juga berkali-kali melayani foto bersama dengan warga, ia pun juga berkali-kalimenyapa anak kecil yang kebetulan lagi bermain di Jalan Tunjungan bersama orang tuanya. Sebelum beranjak pulang, Wali Kota Liverpool juga sempat berfoto di bawah papan namajalan bertuliskan “Tunjungan”.

Hampir semua kamera komunitas fotografi Surabayamengabadikan momen tersebut. Kunjungan rombongan Liverpool ke Surabaya ini untuk meningkatkan kerjasama sister city antara Kota Surabaya dengan Liverpool. Bahkan, kedua pimpinan kota ini juga dijadwalkan akan menandatangani MoU Sister City besok di Balai Kota Surabaya.

Adapun bidang-bidang kerjasama Sister City yang terjalin kedua kota itu adalah pengembangan ekonomi kreatif, manajemen Pelabuhan, pengembangan Kota Pintar, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *