beritalima.com

Ketua DPR Minta BNPB dan BNPD Tanggulangi Asap Kebakaran Hutan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menanggulangi asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau, Kalimantan Tengah dan Aceh.

“Saya meminta BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk terus melakukan upaya menangani asap dari karhutla seperti dengan melakukan water bombing dan hujan buatan di titik-titik karhutla,” kata politisi senior Partai Golkar itu, Selasa (16/7).

Wakil rakyat dari Dapil VII Provinsi Jawa Tengah ini meminta BNPB bersama BPBD melalui tim gabungan yang disebar ke daerah rawan karhutla untuk melakukan langkah antisipatif meminimalisir dampak meluasnya karhutla ke pemukiman penduduk.

“Saya juga meminta BNPB untuk membuat tempat evakuasi ruang bebas pencemaran udara asap agar masyarakat setempat dapat memiliki tempat yang aman dari dampak karhutla yang terjadi,” himbau dia.

Potensi munculnya kasus Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) akibat karhutla, Bamsoet meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) bekerja sama dengan Pemda melakukan pencegahan serta penanganan potensi ISPA dengan menyediakan masker.

Kepada masyarakat yang berada di wilayah rawan karhutla, Dihimbau Bamsoet untuk bersama-sama menjaga hutan dan mencegah terjadinya kebakaran dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan maupun membuang atau membawa barang-barang yang mudah terbakar ke wilayah yang berpotensi terjadinya kebakaran. (akhir)

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *