Ketua KPU Jatim Sebut 2 Daerah Hanya Miliki 1 Paslon

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com |Ketua KPU Jatim Choirul Anam menyebut ada dua daerah di Jawa Timur dari 19 kabupaten kota  yang hingga saat ini hanya memiliki 1 paslon,  yaitu Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ngawi. Calon yang mendaftarkan diri hanya 1 pasang calon, dan didaftarkan oleh semua parpol. Sabtu (12/9/2020)


“Terkait hal ini sesuai dengan PKPU pencalonan kami membuka ruang untuk pendaftaran kembali. Kita lakukan pendaftaran kembali  dengan tahapan tanggal 8, 9 dan 10 ini adalah tahapan sosialisasi. Kemudian tanggal 11-12-13 adalah tahapan pendaftaran. Terkait hal ini kita juga sudah menyampaikan bahwa partai politik yang awalnya mendukung paslon hanya satu paslon ini diperbolehkan untuk melakukan koalisi ulang, atau membuat kaolisi baru,” terang Anam.  


“Karena yang mencalonkan kemarin adalah hampir 100% kursi partai politik maka diberikan peluang mereka untuk merubah koalisi. Kalaupun kemudian selama 3 hari dari tanggal 11-12-13 tetap belum ada yang daftar, maka tentu nanti yang akan kita tetapkan hanya satu pasangan calon sehingga nanti proses pelaksanaan pemilihan nya antara calon tersebut dengan kolom kosong, karena ada juga yang kolom kosong menang,” sambung Anam.


Anam menambahkan pemilih calon yang ada ini diberikan penuh pada pemilih,  kalau nanti misalkan yang menang kolom kosong, maka di Kabupaten tersebut akan diisi oleh PJ sampai Kemudian pada pemilu berikutnya bisa jadi 4 atau 5 tahun kedepan.(yul) 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait