Ketua TP-PKK Kabupaten Sampang Berikan Pembinaan di Kecamatan Tambelangan

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi hadiri acara Pembinaan 10 Program pokok PKK bagi pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Tambelangan, Senin (14/3/2022).

Ikut serta hadir dalam acara tersebut, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sampang Hj. Enny Yuliadi Setiawan, Pembina PKK Kecamatan Tambelangan Kiyatno, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tambelangan Nur Kiyatno, Ketua Bayangkari, dan Ketua Persit serta pengurus PKK se-Kecamatan Tambelangan.

Mengawali acara, laporan Ketua Tim PKK Tambelangan memaparkan 10 program pokok yang dilaksanakan PKK Tambelangan diantaranya adalah Sekretaris aktif menghadiri rapat bulanan tingkat Kecamatan maupun Desa, Melakukan pembinaan PKK di tingkat Desa, Penertiban administrasi, Rutin mengadakan pengajian setiap malam Jum’at, Mengadakan santunan anak yatim setiap bulan sekali, Monitoring pos PAUD di Desa tiap bulan, Mengupayakan tanaman herbal di lingkungan Kecamatan.

Selanjutnya Ikut serta kerja bakti kebersihan lingkungan setiap hari Jum’at, Ikut memantau pelaksanaan penyaluran BLT-DD di setiap Desa, Monitoring kegiatan posyandu setiap bulan, Mengadakan penyuluhan pencegahan kekerasan terhadap anak SD se-Kecamatan Tambelangan, Mengadakan penyuluhan ke lembaga PAUD, Ikut serta mengawasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Selanjutnya kami mengharapkan arahan, pembinaan dan masukan dari Tim Penggerak PKK kabupaten Sampang agar tercipta perkembangan kinerja dan kedepannya PKK Kecamatan Tambelangan lebih baik lagi,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Sampang dalam sambutannya mengatakan, jika gerakan PKK pada hakekatnya merupakan gerakan yang tumbuh dari bawah dengan prinsip kerja parsitipatif, dan melalui gerakan itu pula peran serta aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan.

“Sehingga diharapkan dapat lebih merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab maupun dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri dalam rencana induk gerakan PKK tahun 2022 sampai tahun 2024 yang ditetapkan sebagai visi misi gerakan PKK,” katanya

Selain itu diharapkan dapat mewujudkan peran keluarga sebagai pelopor perubahan yaitu terwujudnya keluarga yang sehat tegas berdaya iman dan bertakwa menuju Indonesia maju di tahun 2024.

Adapun isi dari PKK itu adalah yang pertama membentuk karakter keluarga melalui pola asuh yang sesuai dengan nilai dasar Pancasila yang kedua meningkatkan pendidikan dan ekonomi keluarga yang ketiga memperkuat ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan sandang rumah sehat layak beli serta tata laksana rumah tangga ke empat peningkatan kesehatan kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat yang kelima modernisasi organisasi PKK dengan pemanfaatan teknologi informasi.

“Kelima misi tersebut dirangkum dalam satu gerakan, satu gerakan nasional yaitu gerakan nasional keluarga pelopor perubahan yang dilaksanakan oleh segenap jajaran tim penggerak PKK semua jenjang kementerian atau lembaga Pemerintah daerah serta mitra kerja tim penggerak PKK lainnya, jelasnya.

Untuk mewujudkan visi misi PKK tersebut, Hj.Mimin mengajak semua elemen untuk bersama-sama bahu-membahu gotong royong untuk terus menggelorakan gerakan PKK, “Tentunya semua itu membutuhkan dukungan dari pembina dan mitra kerja PKK itu sendiri yang dalam hal ini adalah OPD yang terkait dukungan tersebut, selain merupakan dukungan moral juga dalam bentuk dana yang dianggarkan untuk kegiatan perempuan di dalam anggaran kecamatan yang diusulkan musrembang,” pungkasnya.(FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait