KINERJA KPPS, ETALASE KUALITAS DEMOKRASI

  • Whatsapp
Pelaksanaan pelantikan PPS Desa Bendelen Kecamatan Binakal di Pendopo Desa. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Demokrasi berkualitas akan terwujud jika ditopang oleh sikap dan mental penyelenggara. Pesta demokrasi akan berjalan jujur dan adil, jika nertralitas menjadi pedoman utama panitia penyelenggara.

Hal tersebut disampaikan Mohamad Sinol, ketua panitia pelaksana pemilihan Kepala Desa di desa Bendelan saat mengambil sumpah anggota KPPS yang bertempat di Balai Desa, Sabtu 16 Oktober 2021.

Kelompok Panitia Pemungutan Suara atau KPPS, lanjut Sinol, adalah etalase yang menjadi wujud penilaian masyarakat atas sikap dan mental dari netralitas penyelenggara.

“Apa yang disampaikan Kepala DPMD, bahwa PPS harus tak ada kaitan hubungan saudara dengan calon, adalah hal substansif, agar panitia pemungutan betul-betul netral.”

Pada pengambilan sumpah tersebut, disamping dihadiri anggota PPS, hadir juga sejumlah tokoh desa serta dua bakal calon Kepala Desa, Bambang Hartona dan Yataman.

“Tadi sebelum PPS saya ambil sumpah, terlebih dulu saya sampaikan pada bakal calon untuk memeriksa dan meneliti anggota KPPS yang mau disumpah, mungkin ada hubungan keluarga dengan bakal calon, ternyata kan keduanya menjawab tidak ada.”

Panitia desa, lanjut Sinol, juga sudah menyiapkan maket Tempat Pemungutan Suara atau TPS yang didalamnya menggambarkan posisi petugas dan tata letak meja, bilik suara, kotak suara dan tinta.

“Ya disamping tata letak, kami juga sudah menyusun posisi para panitia, termasuk tugas-tugas pokok nya.” Pungkas Sinol.(*/Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait