Kodim 1710 Mimika Buka TMMD 105 Di Kampung Mandiri Jaya

  • Whatsapp

TIMIKA – beritalima.com I Mengawali pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, Rabu (10/07), Kodim 1710/Mimika melaksanakan upacara pembukaannya di lapangan SDN Mandiri Jaya, Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika dan diikuti sekitar 500 orang tamu undangan dan masyarakat setempat.

TMMD yang bertema, “Bersama TMMD ke-105 Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,” dipimpin langsung Wakil Bupati Mimika, Yohanis Basang selaku Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara oleh Danramil 1710-03/Kuala Kencana, Kapten (Inf.) Abdul Munir dan Pasipers Kodim 1710/Mimika, Kapten Inf Viktor selaku Perwira Upacara.
“TMMD ini dilaksanakan untuk membangun hubungan kekeluargaan antara TNI dengan semua lapisan masyarakat. Saya harap seluruh pekerjaan dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan masyarakat juga harus memberi dukungan pada TNI yang bekerja karena pembangunan ini dilaksanakan untuk masyarakat,” jelas Wabup Mimika Yohanis Basang.
TMMD ke-105 ini merupakan program TNI AD dalam mempercepat pembangunan di wilayah binaannya, yang dalam pelaksanaannya selalu melibatkan berbagai pihak sebagai wujud sinergitas TNI dalam membangun daerah khususnya di wilayah pedesaan.

Karenanya , dikatakan Wabup Bassang juga, pembangunan yang nantinya dilaksanakan TNI dan rakyat ini hendaknya dapat dipelihara oleh masyarakat untuk kepentingan bersama.
Dandim 1710/Mimika menanggapi bahwa, apa yang sudah dilihat merupakan gambaran tentang manunggalnya TNI, baik dengan rakyat maupun pemerintah yang kesemuanya adalah untuk mendukung program pembangunan yang terus digalakkan.
“Baru saja kita saksikan, kalau hari ini upacara pembukaan TMMD Reguler ke-105 di Kabupaten Mimika Kodim 1710 Mimika sudah dimulai. Sebelumnya, mulai tanggal 2 Juli 2019 sudah juga kita awali dengan pra TMMD. Tadi kita saksikan bahwa, upacara pembukaan ini dibuka oleh Wakil Bupati Mimika yang menjadi suatu kehormatan bagi kita. TMMD ini akan dilaksanakan selama 30 dan nanti akan berakhir tanggal 08 Agustus 2019 dan ini serentak dilaksanakan di lima Kodim di wilayah Indonesia,” kata Dandim 19710 Mimika, Letkol (Inf.) Pio L. Nainggolan, SE., M.Tr (Han).

Pembacaan rencana sasaran TMMD ke-105 yang dibacakan Pasiter Kodim 1710/Mimika dan dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan toolkit TMMD ke-105, yang penerimanya diwakili Sertu Alowesius Weyaou dan bapak Natalis.
Sasaran kegiatan TMMD di Kampung Mandiri Jaya Kabupaten Mimika ini membawa sasaran strategi berupa pengerasan jalan sepanjang 1015, ada juga pembuatan dua jembatan, pembuatan tiga Mck Umum, pembuatan tiga titik sumur boor air. Sedangan untuk kegiatan non-fisiknya itu berupa penyuluhan. Nanti dari Dinas Pertanian dan dari Dinas Peternakan serta Dinas Kesehatan dan BNN juga akan bekerjasama dan bersinergi dalam melaksanakan rangkaian kegiatan dimaksudkan.
Kampung Mandiri Jaya dihuni oleh kurang lebih 900 jiwa atau sekitar 350 Kepala Keluarga (KK) yang seluruhnya adalah masyarakat dari wilayah pegunungan Papua, yang beragam suku dan bahasanya. Kebanyakan masyarakat ini, sebelumnya berdomisili di Kampung Kwamki Narama. Namun, karena seringnya terjadi perang antar kelompok marga maka mereka berpindah ke Kampung Mandiri Jaya ini. Artinya, mereka berpindah ini dengan semangat untuk menemukan kehidupan yang damai di lokasi baru sebagaimana amanatkan Kepala Kampung Mandiri Jaya, Elyas Mirib.

“Sampai saat ini, kampung ini sangat aman kondusif dan damai. Kami sudah diyakinkan Pak Ilyas Mirip. Beliau juga menjamin bahwa di sini aman dan tidak ada gangguan kelompok-kelompok separatis atau kelompok sipil bersenjata. Namun, sebagai aparat keamanan, TNI tentunya tetap akan siap dan waspada apabila terjadi sewaktu-waktu gangguan keamanan dimaksud. Artinya, dalam setiap kegiatan pasti ada unsur pengamanan yang pasti akan kami lakukan,” ujar Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf. Pio L. Nainggolan.

Upacara yang diguyur hujan deras itu tetap berlangsung khidmat dan tidak menyurutkan minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan pembukaan upacara TMMD ke-105 itu. Usai upacara, Wabup Yohanis Bassang bersama rombongan melaksanakan peninjauan ke lokasi TMMD dan foto bersama. (indra/sam)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *