Komite I DPD RI Evaluasi 178 Calon Daerah Otonomi Baru

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Komite I DPD RI melakukan rapat finalisasi penetapan Calon Otonomi Daerah Baru (CODB) dengan Pemerintah Provinsi Banten, di Serang, Senin (28/6).

Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi mengatakan, pihaknya menerima banyak aspirasi masyarakat terkait pemekaran daerah. Sedikitnya ada 178 yang telah menyerahkan berkas administrasi pemekaran. “CDOB yang telah mendaftar, terdiri dari 15 usulan DOB Provinsi, 140 usulan Kabupaten dan 23 usulan untuk kota,” kata Fachrul dalam keterangan pers yang diterima awak media, Selasa (29/6).

Dikatakan, dari Provinsi Banten pihaknya menerima 3 usulan DOB yang siap di mekarkan, diantaranya CDOB kabupaten Cilangkahan pemekaran dari kabupaten Lebak, CDOB kabupaten Caringin dan Cibaliung yang keduanya pemekaran dari kabupaten Pandeglang,” tegas alumni UI ini.

Dalam konteks Otonomi Daerah, Fachrul menyampaikan perundangan-undangan yang berkaitan dengan Pemerintah Daerah, telah dilakukan penyusuaian dengan tuntutan reformasi, ditandai terbentuknya UU No: 32/1999. UU No: 32/2004, dan terakhir UU No: 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dia mayakini, issue terkait Penataan Daerah menjadi hal krusial yang mesti direspon Pemerintah dengan cepat, khususnya terkait DOB.

“DPD RI Selaku representasi daerah mengharapkan Pemerintah memberikan perhatian khusus terkait issue Penataan Daerah, apalagi menyangkut DOB. Khawatirnya jika terus dibiarkan, akan menimbulkan potensi konflik baru,” demikian Fachrul Razi. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait