Kompleks Bougenvile Berhias Dengan Taman Lingkungan

  • Whatsapp

GRESIK, beritalima.com – Disaat Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkab Gresik, Jawa Timur merevitalisasi Alun-alun Gresik kota yang disekitarnya terdapat taman, tempat rekreasi keluarga dan arena bermain anak, justru disebuah lingkungan rukun tetangga (RT), malah berupaya membangun taman untuk menciptakan lingkungan yang asri, sejuk dan sehat.

Inilah yang tengah dibangun oleh warga RT.07 RW.06 BP Wetan, Kelurahan Sidokumpul, Gresik. Dalam sebulan terakhir (Juli 2017, red), terdapat 4 taman terealisasi dibangun. Nama taman tersebut yakni Taman Aunur Rofiq, Taman Obat Keluarga (Toga), Taman Bougenville dan Taman SD.

Taman Aunur Rofiq berada halaman disebelah barat Musholla Aunur Rofiq. Dan di taman inilah rencananya akan diselenggarakan penyembelihan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha mendatang.

Ketua RT.07 Haji Agus Irwan mengemukakan, pembangunan taman lingkungan dimaksudkan untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong agar lingkungan tidak terlihat kumuh. Selain itu, lingkungan menjadi asri, nyaman dan indah karena terdapat penghijauan.

“Taman ini tujuannya, supaya lingkungan kompleks RT.7 ini indah, asri dan sejuk,” ujar Agus Irwan.

Agar taman ini tetap terawat, ia mengajak warganya agar turut merawat. Paling tidak, meluangkan waktu menyiram dan membersihkan rumput sekitar taman.

Taman lingkungan seperti ini perlu tersedia di sebuah kompleks perumahan. Karena taman memiliki banyak fungsi. Teruma kompleks Bougenville berdekatan dengan sejumlah perusahaan industri sehingga udara harus selalu bersih dan jauh dari polusi.

“Nah, dengan adanya penghijauan inilah, udara di lingkungan kita ini sedikit bisa bebas dari polusi,” tandas Irwan.

Ia juga menyinggung, dari 4 titik taman yang telah dibangun, satu diantaranya Toga. Toga ini penting untuk memfasilitasi warga bisa memperoleh tanaman-tanaman obat alami. Seperti jahe, sere, dan bahan jamu-jamuan untuk kesehatan. (Abd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *