Korem 084/BJ Gelar Sosialisasi BIN RTRW Hanrat

  • Whatsapp

Surabaya (12/10/16). Korem 084/Bhaskara Jaya menggelar kegiatan Sosialisasi Pembinaan Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat (RTRW Hanrat) TA. 2016 dengan tema ”Melalui Pembinaan RTRW Hanrat, kita tingkatkan sinergitas wilhanrat dengan RTRW Pemda dalam rangka mewujudkan keserasian, keselarasan dan keterpaduan dalam pembangunan kepentingan kesejahteraan dan pertahanan negara”, yang berlangsung di Aula Makorem 084/BJ Surabaya pada tanggal 12 Oktober 2016 dengan menghadirkan pemateri Mayor Inf Herawadi Kasdim 0830/Surabaya Utara.
Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Denny Herman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kasrem 084/BJ Letkol Inf Hery Suprapto antara lain mengatakan bahwa TNI AD sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara di darat bersama dengan komponen kekuatan pertahanan lainnya harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga siap dimobilisasi dan digunakan untuk mewujudkan kesemestaan dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemberdayaan wilayah negara dilaksanakan dengan cara mempersiapkan wilayah serta mengatur pembangunannya sedini mungkin agar setiap saat apabila dibutuhkan, kondisi wilayah siap mendukung penyelenggaraan pertahanan negara.
Dijelaskan, kegiatan sosialisasi penyusunan RTRW Hanrat ini sangat penting, yang bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang penyusunan RTRW yang berkaitan dengan fungsi pertahanan, dimana selama ini penyusunan RTRW Hanrat oleh Satkowil umumnya sudah berpedoman pada buku panduan sementara, namun belum terdapat keseragaman dalam bentuk format maupun esensi isi didalamnya dan implementasinya juga belum terintegrasi secara baik dengan tata ruang wilayah yang dibuat oleh Pemda.
Untuk itu, Alumnus Akmil 1989 ini berharap melalui sosialisasi ini, para peserta akan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama secara mendalam tentang berbagai hal yang berkaitan dengan penyusunan RTRW Hanrat di wialayahnya masing – masing, sehingga dengan adanya kegiatan sosialisasi pembinaan penyusunan RTRW Hanrat ini dapat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Komando Atas yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing – masing dengan memperhatikan serta terkoordinasi antara RTRW Provinsi/Kabupaten/Kota.
Prajurit dengan tiga melati dipundaknya itu minta kepada para peserta sosialisasi agar dapat mengikuti dengan sepenuh hati dan memperhatikan seluruh materi yang diberikan dengan sebaik-baiknya, tanyakan dan diskusikan apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti atau belum dipahami secara jelas, sehingga pada gilirannya setiap peserta akan benar – benar dapat memahami berbagai hal yang berkaitan dengan penyusunan RTRW Hanrat, baik itu menyangkut tentang jenis tanah, bencana alam, curah hujan, pulau-pulau di wilayah, daerah tempur, daerah belakang, daerah pangkal perlawanan maupun jumlah Koramil dan Kecamatan maupun luas daerah.
Kegiatan sosialisasi pembinaan RTRW Hanrat ini dihadiri para Kasi dan Pasi Korem 084/BJ, dan ikuti oleh para Pasiter dan Bintara Kodim jajaran Korem 084/BJ serta para perwakilan dari Pemda Tingkat II Kota/Kabupaten di wilayah Korem 084/Bhaskara Jaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *