Kota Madiun Go Internasional, Walikota Berikan Pembinaan Kepada Pelaku Kuliner

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, menggelar pembinaan Usaha Mikro sektor makanan dan minuman atau luliner, kepada sekitar 750 pelaku UMKM kuliner, di Ngrowo Bening, Rabu 16 November 2022.

Kegiatan dengan narasumber Walikota Madiun, H. Maidi, digelar karena Kota Madiun Go Internasional. Karena itu, walikota sendiri yang memberikan pembinaan.

Menurut walikota, daerah yang sumber daya manusianya ( SDM) maju, bisa mengalahkan daerah yang memiliki sumber daya alamnya (SDA) melimpah. Karena untuk mengelola SDA, dibutuhkan SDM.

Karena itu, lanjutnya, menuju Kota Madiun Go Internasional, pelaku UMKM kuliner harus cerdas, agar Kota Madiun banyak dikunjungi wisatawan.

“Pemkot Madiun sudah mengawali itu. Diantaranya membangun kawasan Sumber Umis dengan wisatanya. Trotoar dibuat standart internasional. Dibuatkan tempat duduk, dan ada payungnya. Kalau melamun, bisa memandang tanaman bunga,” ucap H. Maidi.

Kota Madiun, paparnya, diapit oleh 11 kabupaten. Karena itu, pelaku kuliner harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menggaet wisatawan, namun cara berdagangnya tidak mengganggu estitika kota.

“Kita adopsi dari Singapura. Jualan dekat balaikota, boleh. Tapi harus pakai mobil dan menjaga kebersihan. Tahun 2017, kawasan sekitar balaikota belum tertata. Tapi sekarang, sudah tertata apik,” tambahnya.

“Karena itu, saya berpesan, agar pelaku UMKM kuliner meningkatkan kwalitas. Agar, wisatawan tertarik dengan Kota Madiun,” tandasnya.

Pelaku UMKM kuliner, sambungnya, juga harus mulai belajar berjualan dengan sistem packing, dan yang lebih penting, menjaga kualitas.

“Karena untuk Go Internasional, kita harus kompetitif dan kita harus bisa mengikuti perubahan global,” pesannya.

Untuk menuju Kota Madiun Go Internasional, pada tahun depan, walikota akan mengajak pelaku UMKM kuliner study banding ke kota kota yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Kita pelajari mana yang bagus dan menarik, kita terapkan di Kota Madiun. Seperti saya ke Korea Selatan kemarin. Mana yang bagus dan cocok, kita terapkan disini,” pungkasnya. (ADV/Dibyo).

H. Maidi (tengah) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait