Kota Madiun Kembali Raih Piala Adipura

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kota Madiun, Jawa Timur, kembali meraih penghargaan bergengsi di bidang kebersihan dan kesehatan lingkungan. Yakni, Piala Adipura 2022. Ini merupakan penghargaan Adipura ketujuh yang telah berhasil diraih oleh Kota Madiun.

Walikota Madiun, H. Maidi, yang diwakili oleh Sekda, Soeko Dwi Handiarto, hadir secara langsung untuk menerima piala dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Siti Nurbaya, Selasa 28 Februari 2023.

“Alhamdulillah, di tahun 2022 Kota Madiun kembali menerima Adipura. Ini merupakan hasil dari komitmen kita semua, khususnya bapak waliota dalam rangka melestarikan lingkungan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup,” tutur Soeko, usai menerima penghargaan di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Menurutnya, penghargaan ini bukan akhir. Karena ke depannya upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan ini masih menjadi prioritas. Bahkan cakupan Adipura akan diperluas hingga per wilayah. Karena itu, Kota Madiun juga tak ingin ketinggalan.

Adapun strategi yang akan dilakukan adalah dengan memperluas diversifikasi pengelolaan lingkungan. Tidak hanya dengan pembangunan taman dan penanaman pohon, tapi juga pengelolaan lingkungan dari hulu ke hilir. Termasuk pengelolaan sampah agar memiliki ragam fungsi. Baik dari segi edukasi, sosial, kesehatan, hingga ekonomi.

Selain itu, pemberdayaan masyarakat juga akan terus dilaksanakan sehingga masyarakat memiliki kemampuan yang sama dalam hal pengelolaan lingkungan.

“Studi banding juga akan dilakukan untuk mempercepat proses peningkatan pengelolaan lingkungan. Harapannya, kita bisa segera meraih penghargaan Adipura Kencana untuk kategori Kota Sedang,” jelasnya.

Untuk diketahui, penghargaan Adipura diberikan kepada daerah yang telah berhasil mengelola kebersihan dan kesehatan lingkungan. Adapun jenis penghargaan yang diberikan adalah Piala Adipura Kencana, Piala Adipura, Sertifikat Adipura, dan Plakat Adipura. (Kmf/editor Dibyo).

Ket. Foto: Soeko Dwi H (kanan).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait