KPK Geledah Kantor Enggartiasto Lukito di Kemendag

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan ruang kerja Menteri Perdagangan (Mendag) yang juga kader senior Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Enggartiasto Lukito.

Tidak hanya itu, lembagai anti rusuah tersebut juga menggeledah sejumlah ruangan di Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini. Hal itu dilakukan KPK untuk menelusuri asal muasal uang gratifikasi yang diduga diterima anggota DPR Komisi VI (nonaktif) Bowo Sidik Pangarso beberapa waktu lalu.

Penggeledahan dilakukan sejak pagi hingga petang. Pantauan awak media, tim penindakan KPK yang berjumlah lebih dari lima orang itu keluar dari kompleks gedung utama Kemendag pukul 18.22 WIB. Mereka membawa sejumlah koper dari gedung yang berada di Jalan M.I Ridwan Rais, Jakarta Pusat itu. Tak ada satu pun personel KPK yang mau menyebut isi koper yang dibawa.

Selain ruang kerja Mendag di lantai lima, tim juga menggeledah ruangan Biro Hukum Kemendag di lantai tujuh serta beberapa ruang lain. Usai penggeledahan, tim yang menumpang lima mobil Toyota Innova tersebut langsung meninggalkan gedung utama. Sejumlah personel kepolisian tampak ikut dalam rombongan tersebut.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah kepada awak media mengatakan, dalam penggeledahan itu pihaknya mengamankan sejumlah dokumen yang berkaitan dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) gula rafinasi serta barang bukti elektronik. Peraturan yang dimaksud adalah Permendag Nomor 16/M-DAG/PER/3/2017 tentang Perdagangan Gula Kristal Rafinasi Melalui Pasar Lelang Komoditas.

Berdasar informasi yang dihimpun, Bowo mendapatkan uang Rp 2 miliar dari utusan Enggar terkait dengan “pengamanan” peraturan tersebut di DPR. Keterangan itu disampaikan Bowo di tahap penyidikan. Kebetulan, Kemendag merupakan salah satu mitra komisi VI DPR. ”Keterangan itu di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) sama penyidik,” kata sumber ini.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *