KPUD Sergai Launching Rumah Pintar Pemilu (RPP)

  • Whatsapp

Wabub Sergai Darma Wijaya SE didampingi Ketua KPU Sergai H. Muhammad Sofian ST,dan Waka Polres Kompol Erizal, Kasintel Kejari Sergai Adi Chandra, dan Komisioner KPU Provsu Nazwir Salim Manik saat photo bersama di Aulah Kantor KPUD Sergai.(sug)

Serdang Bedagai, Beritalima.com- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Serdang Bedagai (Sergai) melaunching Rumah Pintar Pemilu (RPP) dalam rangka untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Pemilu, yang diadakan di Halaman KPU Sergai Komplek Perkantoran Vertikal Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah,Sumatera Utara. Rabu (29/3/2017).

Kegiatan Launching ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya SE didampingi Ketua KPU Sergai H. Muhammad Sofian ST, Waka Polres Kompol Erizal, Kasintel Kejari Sergai Adi Chandra, dan Komisioner KPU Provsu Nazwir Salim Manik.

Turut hadir Komisioner KPU Sergai, Ketua Parpol, Ketua Ormas, Eks Komisioner KPU Sergai, FKUB, Siswa/i SMA/MA di Sei Rampah, Kades Firdaus serta Pers.

Sebelumnya, Ketua KPUD Sergai, H. Muhammad Sofian ST dalam sambutannya mengatakan tujuan umum dari RPP ini adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Di samping itu juga RPP ini disebutkan akan menjadi pusat pendidikan bagi pemilih atau sebagai museum Pemilu yang di dalamnya memuat sejarah Pemilu di Indonesia dan seluruh rangkaian kegiatan Pemilu di Kabupaten Sergai.

“RPP ini dikonsep sebagai media pembelajaran memanfaatkan ruangan KPU yang ada, mengambil simbol RPP Tanah Bertuah Negeri Beradat dengan warna hijau kuning berfilosofis dari Kabupaten Sergai”, ucap H. Sofian.

H. Sofian berharap dengan adanya RPP KPU Sergai ini senantiasa dapat memberikan edukasi untuk memberikan pendidikan politik kepada seluruh masyarakat, di Kabupaten Sergai agar pada Pemilu mendatang tingkat partisipasi masyarakat dapat meningkat.

Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya dalam kesempatan yang sama mengungkapkan apresiasi dan dukungannya kepada KPU Sergai, yang telah membuat RPP yang diamanatkan oleh KPU RI dalam rangka menarik minat partisipasi pemilih.

Wabup menjelaskan adanya RPP ini menjadi penghargaan sekaligus tantangan bagi Kabupaten Sergai, untuk dapat menaikkan tingkat partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pemilu yang akan datang. Meski pada Pemilukada lalu Kabupaten Sergai mencapai hanya 60,6 % namun, capaian tersebut lebihbaik daripada Kota Medan yang memiliki taraf masyarakat intelektual lebih tinggi namun, pada perolehan pemilih hanya sekitar 25 % saja.

“Oleh karenanya dengan berdirinya RPP ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai pendidikan politik bagi seluruh masyarakat di Sergai, serta dapat menarik pertisipasi pemilih terutama pemilih pemula dengan target 80 %,” tandas Wabup.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Sumatera Utara, Nazwir Salim Manik mengungkapkan bahwa didirikannya RPP adalah sebagai sarana pendidikan berpolitik bagi seluruh masyarakat. Dia berharap dengan adanya RPP di Sergai ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan minat masyarakat mencari informasi tentang Pemilu. (sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *