Kuatkan UMKM di Desa, BPJE PKS Jatim Akan Cetak Para Mentor Pelatihan Marketplace

  • Whatsapp

KEDIRI, Beritalima.com |
Berharap bisa menguatkan UMKM di era digital hingga ke tingkat desa, Bidang Pemberdayaan Jaringan dan Ekonomi (BPJE) DPW PKS Jawa Timur akan mencetak para mentor yang ahli di bidang optimalisasi marketplace. Para mentor ini nantinya akan menggelar pelatihan yang sama untuk para UMKM di desa-desa.

Pelatihan yang digelar di Kediri dengan judul “Gurihe Dodolan nang Marketplace” ini, kali ini mendatangkan 40 mentor yang ditunjuk oleh pengurus bidang BPJE PKS dari Kediri, Tulungagung, Blitar, Jombang, Nganjuk Ngawi, dan Ponorogo.

Wahyu Hermanto, Ketua BPJE DPW PKS Jawa Timur menyampaikan bahwa pelatihan mentor kali ini harus dilakukan secara offline karena peserta akan langsung praktik menggunakan marketplace dengan didampingi secara langsung oleh tim pembicara dari BPJE DPW PKS Jatim.

“Training for Trainer seperti ini harus offline, selain sampai sore. Waktu sepanjang itu jika dilakukan online pasti membosankan. Selain itu, kami yang di sini harus mengawal peserta hingga bisa,” terangnya.

Marketplace yang dipilih untuk dilatih, kata Wahyu adalah Facebook dan Shoopee. Keduanya dipilih karena dianggap yang paling laris saat ini.

“Facebook saat ini sudah punya marketplace sendiri. Kelebihannya, persaingannya lokal. Jadi ini cocok sekali dengan UMKM di daerah. Untuk Shoopee, ini juga lagi laris-larisnya,” jelas Wahyu.

Training for Trainer ini, dilakukan karena keterbatasan mentor sehingga harus melatih dan memperbanyak mentor baru. Dengan begitu, harapan untuk menguatkan UMKM hingga ke kecamatan dan desa-desa akan lebih cepat.

“Para calon mentor yang dilatih punya tugas setelah ini. Melalui pengurus PKS di tingkat kecamatan dan desa, mereka harus menggelar pelatihan ini dan mendampingi banyak UMKM di lingkungannya,” sambung Wahyu.

Setelah daerah Kediri dan sekitarnya, Wahyu mengatakan pelatihan serupa akan digelar untuk calon mentor di sekitar Malang.

“Insyaa Allah sebelum hari raya, kami juga akan menggelar pelatihan yang sama untuk daerah sekitar Malang. Pesertanya, dari Malang itu sendiri, Pasuruan, Jember, dan Probolinggo. Mohon doanya,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait