Kunjungi Banjir Bandang Ijen, Wabup Bondowoso Pastikan Perbaiki Infrastruktur

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, memastikan akan memperbaiki sejumlah infrastruktur di dua desa Kecamatan Ijen, yang rusak akibat diterjang banjir bandang, Rabu (29/1/2020) kemarin.

Di antaranya yakni sarana infrastruktur air bersih, pembangunan jalan, dan perbaikan rumah warga yang rusak.

“Untuk rumah yang rusak kita akan lakukan identifikasi, dan dalam jangka panjang kita akan lakukan recovery, menghitung berapa jumlah kerugian material yang sesungguhnya,” kata Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat saat mengunjungi Kecamatan Ijen, Minggu (2/2/20202).

Ada banyak kebutuhan mendasar yang perlu diperhatikan kata dia, selain logistik korban juga membutuhkan peralatan sekolah, peralatan mandi, dan peralatan rumah tangga.

Menurutnya, untuk anak sekolah juga akan segera diinventarisir, supaya Kades di dua desa mendata. “Berapa yang terdampak, anak SD, TK, SMP, maupun SMA. Sehingga kita akan mengadakan sesuai kebutuhan di lapangan,” terangnya.

Dari data yang dihimpun, kurang lebih ada sekitar lima rumah parah dan 214 terendam lumpur. Belum lagi, kantor camat, sekolah, tempat ibadah.
Adapun dua desa di Kecamatan Ijen yang terdampak banjir bandang, yakni Desa Sempol dan Desa Kalisat. Pemerintah daerah telah menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari ke depan, terhitung sejak 29 Januari 2020. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait