Kunker ke Kepsul, Wagub Malut Pantau Persiapan Pilkada 2020

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima,com – Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara M. Al Yasin Ali melakukan kunjungan kerja (Kuker) ke Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) yang diterima secara langsung oleh Pjs Bupati, Idham Umasangaji sekaligus menggelar rakor persiapan pilkada yang bertempat di Istana Daerah Kepulauan Sula, Kamis (03/12/20)

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka monitoring persiapan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula 2020 berjalan dengan lancar dan aman dari Covid-19.

“Tugas saya yaitu memastikan Pilkada berjalan lancar. Tahapan atau proses, kita tahu bahwa pilkada tahun ini berbeda. Kita juga harus mencegah jangan sampai ada penyebaran covid-19 saat pilkada, “ujarnya

Dalam kegiatan tersebut M.Al Yasin Ali mengimbau agar pemerintah ataupun instansi vertikal lainnya jika mengadakan pertemuan hendaklah diruangan terbuka, hal tersebut adalah salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19.

Dia juga berpesan kepada seluruh ASN yang ada di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula agar selalu menjaga Netralitas ASN dalam berpolitik, “Karena saya tidak mau seperti kasus-kasus ASN di Kab/Kota lain yang berkasnya sudah dilaporkan ke KASN karena melakukan politik praktis,” tutup dia.

Dalam kesempatan yang sama, Pjs Bupati Kepsul, Idham Umasangadji mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula untuk berpartisipasi dalam Pilkada, dan juga mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Ia juga berharap Pilkada kali ini meskipun memiliki tantangan yang berbeda dari pada pilkada sebelumnya, berjalan dengan aman dan lancar.

“Saya harap pelaksnaan pilkada tahun ini aman, damai, dan lancar. Itu semua bisa terjadi apabila kita semua berpartisipasi menyukseskan pilkada. Mari kita sama- sama menyukseskan pilkada ini, Kita jangan main-main dengan kesehatan. Patuhi protokol kesehatan” tutur Idham.

Usai melakukan tatap muka, Wakil Gubernur M. Al Yasin bersama Pjs Bupati Kepsul, Idham Umasangaji dan sejumlah OPD terkait melakukan monitoring ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepsul dan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kepsul untuk memastikan kesiapan menjelang pencoblosan tanggal 9 Desember mendatang.

Dalam rakor tersebut, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Sula, Yuni Yunengsi Ayuba menyampaikan bahwa tahapan Pilkada 2020 yang sedang dilaksanakan saat ini adalah pelaksanaan kampanye.

“Sedang berjalan saat ini tahapan kampanye. Baik itu yang disampaikan oleh paslon secara langsung maupun melalui media sosial” ungkap Yuni.

Sedangkan mengenai persiapan logistik, Ia mengatakan kotak suara dan surat suara sudah di KPU, artinya secara persiapan berjalan dengan baik. Selain itu, logistik yang dipersiapkan juga adalah APD dalam rangka pencegahan covid-19 yang dalam proses pendistribusian.

Sedangkan menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sula, Iwan Duwila, sebagai pihak yang berperan mengawasi berjalannya beberapa tahapan dan proses pilkada 2020 ini, saat ini ada ratusan kegiatan kampanye Calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula.

“Dari sejumlah kegiatan yang kita awasi tersebut tentunya ada terdapat pelanggaran, namun masih dalam kategori pelanggaran ringan, kita hanya melakukan pendekatan secara persuasif, “ujar Iwan

Sejauh ini menurut Iwan upaya pencegahan diawal sudah dilakukan dari jauh hari, pelanggaran secara kecil ada yang didapati, namun tidak ada pelanggaran yang serius. “Menurutnya, masyarakat Sula, baik itu paslon, timses dan lainnya patuh terhadap peraturan. [DN)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait