Kunker ke Kota Bogor, Walikota Madiun Sekaligus Beri Arahan Peserta Diklat PPK

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), berperan penting dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Karena itu keberadaan PPK di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus semakin dimaksimalkan. Salah satunya, melalui pendidikan dan pelatihan (diklat).

Setidaknya, terdapat 36 PPK asal Pemkot Madiun yang mengikuti diklat di Amaroossa Royal Bogor. Bahkan, Walikota Madiun, H. Maidi, memberikan materi dan arahan langsung.

“Pekerjaan semakin banyak, perangkatnya harus semakin lengkap. Kalau perangkat tidak lengkap, misalnya PPK, bagaimana pekerjaan kita bisa sempurna,” kata H. Maidi, saat memberikan pengarahan, Selasa 24 Januari 2024.

Diklat, lanjutnya, sangat penting, mengingat banyaknya pekerjaan ke depan. Terdekat, pengadaan laptop. Setidaknya, ada sembilan ribu laptop lebih yang harus terealisasikan dalam tiga bulan.

Walikota memang menginstruksikan pengadaan laptop di awal tahun. Harapannya, sebelum tahun ajaran baru, laptop sudah dipegang siswa dan guru. Hal itu, tentu tak terlepas dari PPK di dalamnya. Bukan hanya laptop, tapi juga berbagai proyek fisik dan non fisik dalam pengandaan barang dan jasa. Karena itu, Maidi berharap PPK semakin berkompeten.

“PPK ibarat suatu organ yang kalau ditinggalkan tidak bisa jalan. Karenanya harus diperhatikan,” tandasnya.

Walikota juga menginstruksikan untuk menambah kesejahteraan tim pengadaan barang dan jasa, tak terkecuali PPK. Baik melalui penambahan tunjangan maupun liburan.

Bahkan, ia berangan untuk memberangkatkan umrah kepada PPK berprestasi. Hal itu sebagai bentuk reward. Sebab, pekerjaan PPK cukup rumit. Pun, mereka harus memiliki sertifikasi yang mendapatkannya juga tidak mudah.

“Ibarat mobil, mereka itu persnelingnya. Percuma digas-gas kalau untuk mengoper giginya tidak bisa. Artinya, pekerjaan kita juga akan tersendat kalau mereka ini juga tidak berkompeten. Nah, yang sudah baik harus diberikan penghargaan,” tuturnya. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kanan) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait